Cerita di Balik Tradisi Membungkuk Orang Jepang | Breaktime
Cerita di Balik Tradisi Membungkuk Orang Jepang
27.04.2016

Bila berkunjung ke Jepang, B’timers tidak bisa lepas pada tradisi dan budaya yang begitu kental. Salah satu tradisi yang masih sering terlihat dan sudah mendarah daging di setiap orang Jepang adalah tradisi membungkuk. Sebenarnya apa saja cerita di balik tradisi membungkuk tersebut, ya?

Sejarah tradisi membungkuk

Tradisi ini dipercaya mulai sejak periode The Asuka dan Nara (Abad 538-794 setelah Masehi) yang diperkenalkan oleh penganut Buddha dari Cina. Membungkuk menjadi penyetaraan status antar umat manusia kala itu. Bila B’timers menemui orang dengan status sosial lebih tinggi, Anda dianjurkan membungkuk untuk menunjukkan niatan baik kepada orang yang Anda sapa.

Standing bows

Beberapa dari B’timers mungkin kerap menemui orang Jepang membungkuk saat dalam posisi berdiri, disebut dengan seiritsu. Posisi awal untuk memulai membungkuk dari berdiri adalah mata Anda harus menatap lurus dan berdiri tegak dengan posisi antara kaki tidak boleh menempel. Letakkan kedua tangan menyilang di paha dan usahakan bernapas melalui diafragma untuk memberikan postur tegap.

Cerita di Balik Tradisi Membungkuk Orang Jepang | Breaktime
Posisi membungkuk saat berdiri paling sering Anda temui

Sitting bows

Membungkuk juga dapat dilakukan dari posisi duduk (seiza). Untuk posisi awal membungkuk dari duduk B’timers harus mengusahakan tinggi yang menyerupai saat berdiri. Para pria diwajibkan berlutut dengan satu kaki, sedangkan perempuan harus duduk dengan kedua lutut menyentuh lantai. Duduk tegap dengan punggung lurus dan ujung kaki lurus mengarah ke belakang.

Aturan membungkuk

B’timers sudah mengetahui posisi awal membungkuk baik dari seiritsu maupun seiza. Pastikan membungkuk 45o mengarah depan dengan posisi kepala lurus dengan punggung. Kepala yang melengkung tidak membuat bungkukan Anda sempurna. Usahakan kaki dan dan pinggang tetap berada dalam satu posisi selama melakukan bungkuk. Aturan selanjutnya adalah bernapaslah saat akan membungkuk, hembuskan saat membungkuk, dan kembali tarik napas setelah tubuh tegak kembali.

Cerita di Balik Tradisi Membungkuk Orang Jepang | Breaktime
Posisikan kepala dan punggung dalam satu garis lurus selama membungkuk

Wah, dari tradisi membungkuk yang terlihat sederhana ternyata menyimpan banyak peraturan yang harus ditaati, ya! Cara ini akan sangat membantu Anda bila B’timers berkunjung ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Wujudkan penghormatan sekaligus penghargaan Anda selama berada di sana dengan mempelajari tradisinya dengan tepat. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article