Cari Jodoh di Bengkulu dengan Tari Andun | Breaktime
Cari Jodoh di Bengkulu dengan Tari Andun
30.09.2016

Bengkulu adalah salah satu kota yang terletak di Pulau Sumatera. Bengkulu memiliki satu kesenian daerah yang berupa tarian, yaitu Tari Andun. Tarian ini biasa ditampilkan oleh penari pria maupun wnaita. Tarian ini rupanya sangat terkenal di Bengkulu, lho B’timers. Khususnya di Bengkulu Selatan, karena tarian ini memang berasal dari daerah tersebut.

Sejarah

Tari Andun dulu merupakan salah satu tarian yang menjadi tradisi masyrakat Bengkulu. Seringkali ditampilkan pada saat upacara adat, khususnya pada saat pesta panen raya. Tarian ini dulu juga dijadikan sebagai sarana untuk mencari jodoh dan ungkapan rasa syukur akan hasil panen masyarakat.

Namun, semakin hari makna tersebut berubah dan kini cara melestarikan tari Andun adalah ditampilkan sebagai hiburan pada acara-acara daerah maupun penyambutan tamu penting.

Fungsi dan Makna

Saat ini tari Andun dijadikan sebagai media hiburan masyarakat. Saat jaman dahulu, tarian ini masih menjadi tradisi untuk merayakan dan bersyukur kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah. Selain itu juga, berfungsi sebagai tempat mencari jodoh untuk kaum muda.

Cari Jodoh di Bengkulu dengan Tari Andun | Breaktime
Tari Andun khas Bengkulu yang harus dilestarikan

Pertunjukan

Tarian ini ditampilkan oleh penari pria dan wanita. Jumlah penari disesuaikan dnegan kondisi dan kebutuhan. Namun, saat ini penari sudah ditentukan oleh sanggar tari yang akan menampilkan kesenian daerah Bengkulu ini.

Tari Andun juga diiringi oleh musik kolintang khas Bengkulu. Gerakan yang dilakukan juga sangat sederhana dan menyesuaikan dengan musik pengiringnya.

Itulah sedikit ulasan tentang tari Andun yang sangat terkenal di Bengkulu. Masyarakat Bengkulu masih terus melestarikan kesenian ini meskipun fungsi dan maknanya telah berubah. (vpd)

Share This Article