Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak | Breaktime
Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak
30.04.2015

"Cepat jo, torang mau berangkat ke pulau," teriak Leon, teman couchsourfing selama saya tinggal di Manado.

"Kemana jo, Bunaken?" saya menimpali dengan sok berlogat Manado.

"Bukan, torang mau pergi ke Pulau Tumbak," jawab si Leon, sembari merapikan dan mengangkat beberapa fin dan snorkel ke dalam mobil.

Pulau Tumbak? Bicara destinasi bahari Manado, tentu yang terlintas di pikiran kita adalah Bunaken. Ya, Taman Laut Bunaken memang sudah tak asing lagi bagi para traveler dan diver sekaligus menjadi ikon wisata di Sulawesi Utara.

Tapi masih ada beberapa destinasi lain yang juga memiliki keindahan panorama pulau, pantai, dan bawah laut yang tak kalah dengan Bunaken. Pulau Tumbak adalah salah satunya. Destinasi bahari dengan keindahan bawah laut tak kalah dengan Bunaken.

Pulau Tumbak sebenarnya bukan nama sebuah pulau, tetapi lebih ke sebuah desa atau perkampungan nelayan. Tempat ini juga menjadi meeting point sebelum kita menyeberang dengan perahu motor menuju Pulau Baling-Baling, Pulau Ponteng, dan Pulau Bohanga, tiga pulau utama di perairan Tumbak.

Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak

Dari kota Manado, kita harus menempuh perjalanan darat selama tiga jam menuju Tumbak. Meski cukup jauh, tapi pemandangan pegunungan khas Manado, Tomohon, dan Minahasa akan membunuh rasa jenuh kita di sepanjang perjalanan. Desa Tumbak sendiri berada di wilayah Kecatamatan Posumaen, Minahasa Tenggara.

Setiba di Desa Tumbak, traveler bisa menitipkan barang atau ganti pakaian di homestay yang telah disediakan warga. Homestay ini juga bisa disewa bila wisatawan ingin menginap di kawasan pantai Tumbak. Dari pelabuhan Tumbak, hanya perlu waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapai Pulau Baling-Baling, spot pertama bila kita mengambil paket one day trip Pulau Tumbak.

Di Pulau Baling-baling terdapat sebuah bukit sebagai view point di tengah pulau. Trekking ke puncak bukit ini hanya perlu waktu 15 menit, namun perlu hati-hati karena jalur yang cukup licin dan curam. Birunya perairan Tumbak dan pasir putih yang mengeliling pulau kecil ini akan memanjakan mata kita saat berada di puncak Pulau Baling-baling.

Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak

View point lainnya juga terdapat di Pulau Ponteng, dengan ukuran pulau dan bukit dua kali lebih besar dari Pulau Baling-baling. Di Pulau ini juga terdapat spot snorkeling di sisi pantai timur dan utara dengan terumbu karang yang masih alami dan ikan laut khas perairan Sulawesi Utara.

Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak

Selain snorkeling, juga terdapat spot diving yang berada di sekitar Pulau Bohanga. Di pulau ini juga terdapat Tumbak Island Cottage yang dikelola oleh warga Perancis dan bisa disewa bila kita ingin menginap, night dive, atau sekedar menikmati sunset Pulau Tumbak.

Taman laut Pulau Bohanga memiliki area mangrove dan terumbu karang yang masih terawat, dengan berbagai ikan warna-warni seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi.

How to get there

Bunaken? Bukan! Taman Bawah Laut Cantik Ini Ada di Pulau Tumbak

Secara geografis, Taman Laut Pulau Tumbak berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, sehingga kita harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam dari kota Manado untuk sampai ke Desa Tumbak. Terdapat bis umum dari Manado ke Minahasa, kemudian dilanjutkan menuju Desa Tumbak. Bila ingin cepat dan nyaman, kita juga bisa menyewa mobil atau minibus dari Manado ke Tumbak.

Share This Article