Bodie, Kota Menyeramkan nan Indah, Berani? | Breaktime
Bodie, Kota Menyeramkan nan Indah, Berani?
31.05.2016

Nah, jika berbicara tentang kota yang menyeramkan, mungkin hanya cocok untuk mereka yang suka uji nyali saja, ya? Tapi Amerika punya satu kota berhantu yang paling indah, lho, B’timers! Bahkan kota tersebut masuk dalam aset yang dilindungi State Historic Park. Wow, apakah Anda berani berlibur ke Amerika dan datang ke Bodie, kota menyeramkan ini, B’timers?

Bodie, Kota Menyeramkan nan Indah, Berani? | Breaktime
Sisa kebakaran hebat masih menceritakan sesuatu

Berfungsi sebagai kamp pertambangan

Didirikan oleh WS Bodey pada tahun 1859. Awalnya kota ini difungsikan sebagai sebuah kamp dekat pertambangan emas yang disebut Bodie Bluff, B’timers. Namun, dia meninggal dalam badai salju dan sejak itu tak pernah ada yang melihatnya lagi.

Namanya tentu didapatkan dari sang pendiri kota. Namun apa alasan dibalik kesalahan penulisan tersebut? Ada yang mengatakan seseorang salah mengeja nama Bodey menjadi Bodie. Yang lain mengungkapkan, itu disengaja untuk memastikan pengucapannya benar.

Awalnya hanya ada 20 rumah penambang

Pertumbuhan Bodie, kota menyeramkan termasuk yang paling lambat selama 17 tahun pertamanya, B’timers. Diketahui hanya ada 20 rumah penambang pada awalnya. Dan kamp pertambangan yang terisolasi berubah menjadi kota barat yang liar.

Tak lama setelah itu, seluruh penduduknya bersama-sama dengan kelompok perampok, koboi, pengusaha dan pendatang lainnya membangun peruntungan di daerah tersebut. Di tahun 1879, kota Bodie memiliki sekitar 10 ribu penduduk dengan 2 ribu bangunan serta fasilitas umum.

Bodie, Kota Menyeramkan nan Indah, Berani? | Breaktime
Perabot rumah dibiarkan berdebu karena ditinggalkan begitu saja

Baca juga :WOW, KOTA DI ITALIA INI DIJUAL, LHO! ANDA BERMINAT?

Cerita Bodie akhirnya berlalu dengan sedih

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang tinggal di Bodie, kota tersebut mendapatkan reputasi negatif, B’timers. Kejahatan, seperti pembunuhan, tenbak menembak, perkelahian hingga narkoba menjadi begitu populer di kalangan masyarakatnya.

Dan, masa keemasan Bodie, tak berlangsung lama. Di tahun 1882, seiring dengan bangkrutnya beberapa perusahaan, orang-orang mulai meninggalkan kota. Hingga 1910, kurang dari 1.000 orang yang masih menetap. Lalu kebakaran tahun 1932 menyapu bersih 90 persen bangunan kota.

Bodie, Kota Menyeramkan nan Indah, Berani? | Breaktime
Menyeramkan, tapi tetap menyisakan keindahan masak emasnya

Akhirnya pada tahun 1942, kota Bodie pun ditutup total. Hari ini, Bodie menjadi salah satu kota paling otentik dan terbaik yang masih layak untuk dikunjungi. Meskipun mendapat julukan Bodie, kota menyeramkan, Anda justru akan mendapatkan keindahan masa lalu yang masih terekam jelas di permukaan tanah. Seolah turut mengisahkan masa keemasannya yang indah. Nah, Anda tertarik berlibur ke Bodie, B’timers? (NO)

Share This Article