Berpetualang Seru di Museum Kebangkitan Nasional | Breaktime
Berpetualang Seru di Museum Kebangkitan Nasional
21.05.2015

Kemarin, tepatnya tanggal 20 Mei 2015 merupakan hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Di zaman perjuangan kemerdekaan, masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting dengan berdirinya Boedi Oetomo serta ikrar Sumpah Pemuda. 

Nah, museum dapat menjadi salah satu tempat favorit bagi Anda dan keluarga untuk berjalan-jalan. Tak hanya sekadar memamerkan benda-benda kuno, museum dapat menjadi tempat berpetualang mengasyikkan yang tak disuguhkan oleh kehidupan sehari-hari. 

Salah satu lokasi yang asyik untuk didatangi adalah Museum Kebangkitan Nasional yang letaknya tak jauh dari Pasar Senen, Jakarta Pusat. Museum yang mulai dibuat pada tahun 1899 dan baru selesai tahun 1901. Sebelumnya, bangunan bersejarah dan megah ini diresmikan dengan nama School Tot Opleiding Van Inlandsche Arsten (STOVIA).

Bangunan yang sempat digunakan sebagai sekolah kedokteran bagi masyarakat pribumi dan pernah menjadi tempat tahanan bagi tentara Belanda ketika pendudukan Jepang tengah berkuasa di tanah air.

Miniatur kapal Portugis di Museum Kebangkitan Nasional
Miniatur kapal Portugis di Museum Kebangkitan Nasional

Di dalam Museum Kebangkitan Nasional ini ada banyak sekali koleksi-koleksi benda-benda antik yang masih tersimpan rapi. Benda bersejarah pertama yang akan menyambut kedatangan B’timers saat melewati pintu masuk sebelah kiri adalah patung R. Soetomo.

Soetomo merupakan pendiri sekaligus ketua perkumpulan Boedi Oetomo yang lahir di desa Ngepeh, Nganjuk, Jawa Timur. Selain itu, B’timers juga bisa menemukan sebuah miniatur kapal Portugis yang sempat mengendalikan pasar rempah-rempah dan berlabuh di Ternate pada tahun 1512 dan miniatur kapal tradisional Bugis Pinisi dari Sulawesi Selatan.

Suasana belajar para mahasiswa STOVIA
Suasana belajar para mahasiswa STOVIA

Selain itu, di Museum Kebangkitan Nasional ini B’timers juga akan diajak berpetualang menuju dimensi lain dengan menyaksikan karya instalasi seukuran manusia sebenarnya yang memperlihatkan para pelajar STOVIA dengan pakaian tradisional mereka.

Wow, kira-kira seperti apa ya suasana diskusi kelas yang terjadi saat itu? Samakah topik obrolan mereka dengan apa yang sering kita perbincangkan saat ini di bangku kuliah? Semua ini memang memancing rasa penasaran tersendiri bagi para pengunjung Museum Kebangkitan Nasional.

Bagaimana? B’timers mulai tertarik untuk melakukan petualangan seru dengan nuansa unik yang kini tak lagi mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari? Bertandanglah ke Museum Kebangkitan Nasional!

Share This Article