Berlibur Ke India Dapat SIM Card Gratis? | Breaktime
Berlibur Ke India Dapat SIM Card Gratis?
06.03.2017

Apakah B'timers sedang merencanakan liburan ke India? Ada kabar gembira karena traveler yang berkunjung ke Negeri Hindustan ini akan mendapatkan SIM Card gratis.

Asosiasi Agen Perjalanan Wisata India (IATO) mengumumkan bahwa wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke India akan mendapatkan SIM Card gratis untuk berkomunikasi selama melakukan kunjungan.

Dilansir dari Travelers Today wisman yang mendapat keistimewaan SIM Card gratis adalah pemegang e-visa, termasuk salah satunya adalah wisatawan dari Indonesia.

Operator komunikasi yang berbasis di India, BSNL, akan menyediakan SIM Card yang bisa langsung aktif setelah wisman menunjukkan identitas diri yang sah. Layanan SIM Card gratis ini bisa dinikmati di Terminal T3 Bandara Internasional Indira Gandhi, New Delhi.

Berlibur Ke India Dapat SIM Card Gratis? | Breaktime
Salah satu sudut kota Jaipur di India

Pemerintah India mendukung langkah ini karena sering mendapat keluhan dari wisman terkait jaringan telekomunikasi di India, terutama internet tanpa kabel atau Wi-Fi yang diandalkan wisatawan untuk mengakses informasi atau mengunggah foto ke media sosial.

Ketika saya melakukan perjalanan ke India beberapa waktu lalu, saya pun kesulitan mendapatkan SIM Card lokal karena setiap provider meminta satu nomor India yang bisa dihubungi untuk melakukan konfirmasi pada pelanggan dari negara tertentu, termasuk Indonesia.

Alhasil, saya pun hanya mengandalkan Wi-fi di hostel, rumah makan, dan bandara untuk mengakses informasi dan update status lewat handphone. Situasi yang cukup merepotkan bagi traveler yang selalu ingin terhubung dengan "dunia luar".

Berlibur Ke India Dapat SIM Card Gratis? | Breaktime
13-Suasana di luar area Bandara Netaji Subhas Chandra Bose

Inovasi lain yang dilakukan India untuk menarik kunjungan wisatawan adalah dengan mengganti atau menyederhanakan nama bandar udara (bandara).

Hal ini dilakukan karena nama bandara-bandara di India dianggap sulit diingat atau diucapkan, terutama oleh wisatawan asing, seperti Bandara Chhatrapati Shivaji, Bandara Rajiv Gandhi dan Bandara Netaji Subhas Chandra Bose.

Pemerintah India berencana menyederhanakan nama bandara sesuai dengan lokasinya, seperti yang dilakukan di Bandara Los Angeles, Bandara Denver, dan Bandara Beijing Capital. Walau tidak lagi menjadi nama bandara, sosok tokoh-tokoh nasional itu tetap diabadikan dalam ruangan bandara. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE