Berani Liburan di Pulau Mistis di Indonesia? | Breaktime
Berani Liburan di Pulau Mistis di Indonesia?
10.10.2017

Sudah menjadi rahasia umum di berbagai negara-negara di dunia bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alam khas negara tropis yang tiada duanya. Zamrud Khatulistiwa yang satu ini menjanjikan suasana eksotis wisata alam yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Tak hanya wisatawan domestik, para travelers dari mancanegara juga berduyun-duyun mengunjungi Indonesia untuk menyaksikan langsung pesona alam Indonesia.

Tak hanya panoramanya, Indonesia sebagai salah satu negara Timur juga terkenal dengan fenomena mistis yang mempercayai unsur takhayul di balik setiap suasana. Hampir setiap tempat di Indonesia menyimpan kisah angker tersendiri. Tak hanya kawasan Indonesia yang padat penduduk, beberapa pulau terpencil yang hanya dikunjungi dalam rangka berwisata juga memiliki fenomena mistis yang tak kalah ngeri. Uniknya, keangkeran di berbagai pulau mistis di Indonesia tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Berani Liburan di Pulau Mistis di Indonesia? | Breaktime
Gapura penyambutan di Pulau Galang

Pulau Galang

Salah satu bagian dari gugusan 3 pulau Barelang atau Batam, Rempang, dan Galang ini terletak di Kepulauan Riau. Kisah mistis di balik Pulau Galang berasal dari peristiwa bersejarah yang terjadi selama rentang 20 tahun, yakni tepatnya tahun 1976 hingga 1996 ketika pulau ini menjadi pulau penampungan bagi pengungsi Perang Vietnam. Lembaga PBB yang menangani pengungsi, UNHCR bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia waktu itu berinisiatif membangun fasilitas untuk menampung sekitar 260 ribu pengungsi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jelajah Lima Kuil Bangkok Hanya Dalam Satu Hari

Beberapa pengungsi yang beruntung berhasil bermigrasi ke Australia, Amerika, dan Kanada dan memulai hidup baru, sedangkan sisanya terjebak di Pulau Galang dan menjadi korban perampokan, pemerkosaan, bahkan pembunuhan. Banyak juga pengungsi Vietnam yang mati karena penyakit atau bahkan memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Aura mistis di Pulau Galang membuat masyarakat sekitar tak berani mendekati Pulau Galang setelah gelap. Tak jarang, terlihat penampakan orang-orang melambaikan tangan meminta tumpangan dari tepi pulau.

Pulau Kelor, Cipir, dan Onrust di Kepulauan Seribu

Selain menjadi salah satu objek pariwisata favorit untuk berlibur dari penatnya Ibukota, Kepulauan Seribu juga menyimpan berbagai kisah mistis. Tak hanya pemandangan alamnya yang menawan, gugusan kepulauan ini juga meliputi beberapa pulau mistis di Indonesia, sebut saja Pulau Kelor, Cipir, dan Onrust. Salah satu ikon wisata di Pulau Kelor ialah Benteng Martello. Tak hanya terkenal dengan keindahan khas bangunan kuno, Benteng Martello juga menyimpan berbagai fenomena gaib, mulai dari suara peperangan dan hentakan kaki menyerupai suara baris-berbaris sekelompok prajurit.

Berani Liburan di Pulau Mistis di Indonesia? | Breaktime
Salah satu sudut reruntuhan rumah sakit Belanda di Pulau Cipir

Lain lagi dengan Pulau Cipir yang tersohor dengan bekas bangunan rumah sakit yang kini terlihat angker dan sering dijadikan tempat uji nyali. Konon, rumah sakit yang dibangun di masa Penjajahan Belanda tersebut dulu dijadikan tempat karantina bagi pasien yang terkena penyakit menular dan mematikan. Banyak juga pasien yang sengaja disuntik mati karena penyakit yang tak kunjung sembuh. Arwah penasaran para pasien tersebut masih menghantui reruntuhan gedung rumah sakit hingga kini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Taklukkan Rinjani Dengan Menyiapkan Semua Ini!

Masih di Kepulauan Seribu, terdapat Pulau Onrust yang juga memiliki bangunan bekas peninggalan Belanda. Pada masa kolonial, Pulau Onrust pernah menjadi salah satu pulau tersibuk di pesisir utara Jakarta. Saat ini, pulau tersebut terkenal dengan keangkeran sumur tua dan makam. Konon, dari pulau yang nampak gelap ini juga sering terdengar suara-suara aneh yang menambah sisi gaib Pulau Onrust.

Pulai Rinca

Terakhir, terdapat Pulau RInca di Nusa Tenggara Timur yang juga merupakan salah satu pulau mistis di Indonesia. Meski tak dihuni manusia dan hanya dipenuhi kawanan komodo, Pulau Rinca malah terkenal angker karena sisi misterius yang hingga kini banyak tak terungkap. Masyarakat sekitar pulau ini bahkan melarang wanita haid untuk memasuki Pulau Rinca karena kabarnya komodo bisa mencium bau darah dari jarak jauh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Haji Lane, Sudut Anti-Mainstream Di Singapura

Meski terkenal angker dan memiliki banyak fenomena gaib, masihkah B’tiemrs tertarik mengunjungi berbagai pulau mistis di Indonesia tersebut? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE