Bali Punya Kisah Cinta Tragis A La Romeo Juliet | Breaktime
Bali Punya Kisah Cinta Tragis A La Romeo & Juliet
30.11.2016

Bali tak hanya punya kebudayaan dan tempat wisata yang menawan. Masyarakat Bali punya legenda yang hingga saat ini masih sangat dipercaya. Apakah B’timers pernah mendengar kisah cinta Jayaprana dan Layonsari? Kisah cinta mereka ini bahkan juga menjadi sebuah tempat wisata di Bali.

Kisah Cinta Tragis Jayaprana

Alkisah, hidup sebuah keluarga miskin dengan tiga orang anak. Salah satu anak laki-laki bernama Jayaprana tumbuh dewasa dan hidup sebatang kara. Mengapa? Ini karena keluarganya terserang penyakit menular dan meninggal dunia. Ia hidup dalam masa pemerintahan kerajaan Kalianget.

Hingga akhirnya Jayaprana meminta pada sang Raja untuk bekerja sebagai pelayan di istana. Bertahun-tahun ia hidup di sana dan menjadi pelayan kesayangan Raja. Jayaprana saat itu sudah tumbuh menjadi pria dewasa dan ingin menikah. Ketika, ia pergi ke pasar bertemulah dengan Layonsari dari Banjar Sekar.

Sang Raja melamar Layonsari sesuai dengan permintaan Jayaprana. Lamaran itu diterima dan Jayaprana berhasil menikah dengan Layonsari. Ternyata sang Raja juga jatuh cinta pada Layonsari, beliau pun memiliki niat jahat untuk membunuh Jayaprana dan merebut Layonsari.

Ketika Jayaprana berhasil dibunuh, Layonsari dipaksa untuk menikah dengan Raja, namun ia tak mau. Layonsari pun lebih memilih bunuh diri ketimbang menikah dengan Raja.

Bali Punya Kisah Cinta Tragis A La Romeo Juliet | Breaktime
Indahnya jalan menuju makam Jayaprana dan Layonsari

Makam Jayaprana di Bali

Kisah cinta tragis itupun menyisakan sebuah makam di Bali Barat, tepatnya di area Taman Nasional Bali Barat, Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak. Di sekitar makan ini pemandangannya masih sangat indah dan asri, lho B’timers.

Di sekitar makam terdapat juga patung Jayaprana dan Layonsari serta hal-hal yang berhubungan dengan mereka berdua. Terdapat juga sebuah pura dengan suasana yang sangat tenang, ditambah dengan wewangian dupa.

Banyak juga warga lokal yang membawa sesajen dan dupa untuk mendoakan tokoh legenda mereka. Kisah cinta Jayaprana dan Layonsari masih melekat dan akan selalu dikenang oleh masyarakat Bali, khususnya Bali Barat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE