Bakiak Batok Jadi Permainan Lama Yang Dirindukan | Breaktime
Bakiak Batok Jadi Permainan Lama Yang Dirindukan
21.11.2016

Masih ingatkah Anda dengan beberapa permainan tradisional yang sering dimainkan pada saat masa kecil? Setiap daerah pastinya memiliki permainan tradisional, salah satunya adalah kota Bogor. Permainan tradisional khas Bogor adalah Bakiak Batok. Di jawa permainan ini juga dikenal namun dengan nama yang berbeda yaitu jejangkungan.

Apa itu bakiak batok?

Permainan tradisional bakiak batok ini adalah permainan yang menggunakan batok kering yang dibelah dua. Untuk membuat batok ini tidak sulit.

Pertama, batok kelapa yang sudah tua dibelah menjadi dua bagian. Kemudian di setiap bagian diberi lubang tepat di tengah. Lalu, dikaitkan pada seutas tali untuk dihubungkan dengan batok lainnya. Gunakan jenis tali yang lentur jika ditarik.

Bagaimana cara bermain bakiak batok?

Tidak susah untuk memainkan bakiak batok khas Bogor ini. B’timers hanya perlu mengaitkan tali pada jempol kaki seperti ketika Anda memakai sandal jepit. Tarik tali dengan menggunakan kedua tangan. Anda harus menariknya secara berirama saat berjalan.

Bakiak Batok Jadi Permainan Lama Yang Dirindukan | Breaktime
Banyak yang bisa dilakukan untuk melestarikan Bakiak Batok

Saat memainkan bakiak batok ini Anda juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik. Kekompakkan gerakan tangan dan kaki juga sangat diperlukan agar sempurna saat berjalan dengan bakiak batok ini.

Permainan ini tak hanya digunakan begitu saja. Tentu ada rintangan yang harus dilalui saat Anda mencoba memainkan bakiak batok. Setiap peserta akan diadu laju dengan harus melewati tali. Namun, Anda tidak boleh menyentuh tali-tali yang melintang tersebut.

Siapa yang paling cepat mencapai garis finis dan Anda tidak menyentuh tali rintangan sedikit pun, maka Anda keluar sebagai pemenang. Mudah, kan?

Tak hanya mudah, permainan ini juga sangat seru. Namun sayangnya, permainan ini sudah sangat jarang ditemui. Hanya beberapa daerah di Bogor yang masih melakukan permainan ini dalam sebuah acara. Wah, setidaknya masih ada yang mau melestarikan ya B’timers. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE