Awas: Berburu Tiket Murah, Apakah Benar-benar Murah? | Breaktime
Awas: Berburu Tiket Murah, Apakah Benar-benar Murah?
30.09.2015

Di era teknologi informasi saat ini, traveler dimanjakan dengan banyaknya promo tiket pesawat murah. Dari maskapai budget hingga maskapai full service, semua berlomba-lomba memberikan harga tiket promo semurah mungkin ke berbagai destinasi, baik domestik maupun internasional.

Namun bila tidak cermat, memesan tiket penerbangan murah bisa berujung biaya lebih mahal yang harus dikeluarkan, lho. Bahkan, bisa lebih mahal dari tiket penerbangan dengan harga normal! Berikut beberapa hal yang harus B’timers perhatikan sebelum booking tiket pesawat murah:

Lokasi Bandara

Sebelum booking, pastikan penerbangan yang kita pilih nantinya mendarat di bandara sesuai dengan destinasi yang dituju. Beberapa maskapai budget tidak mendarat di bandara utama, tetapi bandara low cost. Anda harus memperhatikan jarak antara bandara dengan tempat tujuan, seperti hotel dan destinasi wisata.

Sebagai contoh, di Bangkok ada dua bandara yaitu Suvarnabhumi dan Don Mueang dan beberapa maskapai budget mendarat di Don Mueang, bukan di Suvarnabhumi. Sementara itu, jarak antara Don Mueang dengan pusat kota Bangkok relatif lebih jauh daripada Suvarnabhumi.

Apabila tidak cermat dan salah pilih bandara, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa taksi atau naik bus, belum lagi waktu yang terbuang percuma karena salah pilih bandara.

Awas: Berburu Tiket Murah, Apakah Benar-benar Murah? | Breaktime
Suasana di Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali

Jam Terbang

Harga promo biasanya banyak kita temukan pada penerbangan dengan jam-jam yang tidak lazim, seperti tengah malam, dini hari, atau pagi sekali. B’timers harus mengatur dan memperkirakan sendiri apakah dengan mengambil penerbangan pada jam-jam tersebut sudah sesuai dengan rencana perjalanan Anda setiba di kota tujuan nanti.

Waktu Transit

Kuala Lumpur dan Singapura merupakan dua tempat transit favorit wisatawan Indonesia menuju negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur, bahkan Timur Tengah dan Eropa. Sebagai contoh, tiket penerbangan dari Jakarta menuju Jepang akan lebih murah bila transit di Kuala Lumpur, dibandingkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Jepang.

Bandara Changi di Singapura dan KLIA2 di Kuala Lumpur juga memiliki fasilitas yang sangat komplit bagi transit traveler, seperti tempat istirahat, colokan listrik, toilet, shower room, dan sebagainya. Apabila Anda cukup nyaman untuk tidur di bandara, tentu tidak masalah bila transit beberapa jam di dua bandara ini.

Awas: Berburu Tiket Murah, Apakah Benar-benar Murah? | Breaktime
Tempat istirahat dan bermalam di Bandara KLIA2 Kuala Lumpur

Bagasi

Penerbangan murah hanya mengizinkan satu bagasi ke dalam kabin dengan ukuran dan berat tertentu, biasanya berat maksimal 7 kg. Bila B’timers termasuk traveler yang gemar belanja atau membawa banyak barang bawaan, sebaiknya pesan bagasi di awal daripada harus membayar lebih mahal ketika memesan bagasi saat check-in.

Makanan dan minuman

Sudah bukan rahasia lagi bila penerbangan murah tidak menyediakan makanan dan minuman gratis di dalam pesawat. Bila memang tidak memesan makanan atau minuman saat booking, sebaiknya bawalah permen, coklat, atau biskuit, terutama untuk penerbangan dengan durasi di atas tiga jam.

Mendapatkan promo tiket pesawat dengan harga murah dari maskapai budget memang menjadi idaman setiap traveler. Namun kita harus cermat dan teliti, termasuk mengenai segala ketentuan dan konsekuensinya. Apabila tidak sesuai dengan yang diharapkan, justru berpotensi pada biaya tambahan yang kadang jumlahnya sama atau lebih besar dari tiket penerbangan normal atau full service.

Share This Article