Asal Usul Dirayakannya Pesta Halloween | Breaktime
Asal Usul Dirayakannya Pesta Halloween
30.10.2016

Halloween adalah sebuah perayaan yang dilakukan setiap malam tanggal 31 Oktober. Halloween sendiri identik dengan pesta kostum. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Halloween berasal dari festival kematian salah satu suku pada jaman dahulu. Penasaran dengan asal usul dirayakannya pesta Halloween? Yuk, telusuri jejak sejarah peringatan Halloween di seluruh dunia.

Asal Usul Pesta Halloween

Halloween berasal dari festival Celtic kuno Samhain. Masyarakat Celtic hidup 2000 tahun lalu di daerah yang sekarang Irlandia, Inggris, dan Perancis Utara. Festival ini sebagai pesta perayaan tahun baru mereka setiap 1 November.

Tanggal tersebut merupakan hari dimana berakhirnya musim panas dan menjadi awal kegelapan musim dingin yang selalu dikaitkan dengan kematian manusia. Celtic percaya bahwa malam sebelum tahun baru adalah batas antara dunia manusia yang hidup dan mati menjadi kabur. Tepat pada malam 31 Oktober, mereka merayakan Samhain. Mereka juga menganggap bahwa hantu orang yang telah mati kembali ke bumi.

Asal Usul Dirayakannya Pesta Halloween | Breaktime
Ini, nih kaum Celtic yang menjadi inspirasi pesta Halloween

Dalam merayakan itu, dibangun api unggun besar yang dianggap suci. Mereka berkumpul membakar tanaman dan binatang sebagai korban kepada dewa Celtic. Mereka juga menggunakan kostum yang terdiri dari kepala dan kulit binatang. Setelah perayaan selesai, mereka menyalakan perapian dengan menggunakan api dari api unggun suci. Hal ini dilakukan untuk melindungi mereka selama musim dingin.

Pada abad ke-9, pengaruh Kristen menyebar ke tanah Celtic. Ritual kuno Celtic pun akhirnya tercampur dengan agama Kristen. Hingga akhirnya dibuat perayaan yang bernama All Saints Day atau yang disebut dengan All-hallows atau All-hallowmas. Perayaan ini dilakukan pada tanggal 2 November dan perayaan Samhain disebut dengan All-hallows Eve dan akhirnya menjadi Halloween.

Jadi, itulah sekilas jejak sejarah dan asal mula dirayakan pesta Halloween di seluruh dunia. Perayaan ini merupakan salah satu perayaan bagi orang Kristen. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE