Adu Kejantanan dengan Perang Peresean | Breaktime
Adu Kejantanan dengan Perang Peresean
23.09.2016

Pulau Lombok tidak hanya tenar dengan keindahan alam yang dimilikinya, tetapi juga budayanya yang unik mulai menjadi sorotan. Salah satunya adalah Peresean yang merupakan tradisi khas Suku Sasak. Peresean adalah sebuah upacara yang menunjukkan seni bela diri tradisional dilakukan dengan menggunakan tongkat senjata dari rotan (penjalin).

Pelaksanaan

Peserta bela diri Peresean ini tidak dipersiapkan terlebih dahulu. Petarung (pepadu) langsung diambil dan ditunjuk dari penonton laki-laki yang hadir. Lalu satu pepadu yang ditunjuk, menantang penonton lain untuk melawan dirinya.

Pertarungan tersebut terdiri dari lima ronde. Uniknya di sini adalah cara menentukan pemenang. Ada dua hal, yang pertama adalah jika salah satu pepadu mengeluarkan darah dari anggota tubuhnya maka pertarungan dinyatakan selesai dan pemenang jatuh pada pepadu yang tidak berdarah.

Kedua, jika keduanya mampu bertahan hingga lima ronde, maka pemenang ditentukan dari skor tertinggi yang didapatkan dari pengamatan selama pertarungan oleh Pakembar Sedi.

Adu Kejantanan dengan Perang Peresean | Breaktime
Ajang adu kejantanan lewat tradisi Peresean khas Lombok

Tujuan

Peresean dilaksanakan sebagai alat untuk melestarikan legenda Ratu Mandalika yang bunuh diri karena melihat dua tunangannya berkelahi samapi mati demi memperebutkan sang Ratu. Tujuan lainnya adalah untuk menguji keberanian, ketangkasan, dan ketangguhan seorang pepadu dalam pertandingan.

Nilai-nilai

Terdapat tiga nilai penting dari tradisi Peresean ini. Pertama, nilai historis untuk mengenang Ratu Mandalika. Kedua adalah tentang kemampuan dan harga diri. Ketiga adalah nilai sosial, maksudnya adalah ketika acara berlangsung para pepadu harus bertarung dan setelah acara selesai mereka harus langsung melupakannya, karena Peresean hanya sebuah tradisi yang harus dilestarikan.

Menarik sekali, ya B’timers! Tradisi khas Suku Sasak yang harus terus dilestarikan. Indonesia memang negara yang sangat kaya akan keindahan alam, budaya, dan adat istiadat yang sangat unik. (vpd)

Share This Article