Ada Sejarah Unik Di Balik Jamasan Kereta Pusaka | Breaktime
Ada Sejarah Unik Di Balik Jamasan Kereta Pusaka
09.11.2016

Yogyakarta lagi-lagi punya upacara adat atau tradisi turun-temurun. Tradisi yang satu ini dilakukan oleh penghuni keraton Yogyakarta. Kota Yogyakarta memang masih memegang teguh tradisi kerajaan sejak jaman dulu hingga saat ini. B’timers harus tahu dan kenal lebih jauh tentang salah satu tradisi yang diberi nama Jamasan Kereta Pusaka ini.

Apa, sih tradisi Jamasan Kereta Pusaka itu?

Jamasan sendiri merupakan ritual merawat dan membersihkan benda-benda pusaka yang dilakukan sejak dulu. Khususnya untuk benda pusaka milik keraton Yogyakarta seperti gamelan, kereta, dan keris.

Salah satu prosesi jamasan yang terbuka untuk umum adalah jamasan kereta pusaka yang bernama Kanjeng Nyai Jimat. Tahukah Anda bahwa setiap benda pusaka di keraton memiliki nama, lho. Unik, ya! 

Ada Sejarah Unik Di Balik Jamasan Kereta Pusaka  | Breaktime
Memandikan Kanjeng Nyai Jimat oleh Abdi Dalem Keraton

Kanjeng Nyai Jimat ini adalah kereta buatan Portugis pada tahun 1750. Kereta ini merupakan hadiah dari Gubernur Jenderal Belanda di Batavia, yaitu Jacob Mossel untuk Sri Sultan Hamengkubuwono I. Sejak saat itu Kanjeng Nyai Jimat menjadi tunggangan Sri Sultan HB I.

Dimana tempat dilaksanakannya?

Anda bisa, lho ikut menyaksikan jamasan kereta pusaka ini. Ritual jamasan kereta pusaka Kanjeng Nyai Jimat ini dilakukan di depan museum Keraton Yogyakarta. Tepatnya berada di Jl. Rotowijayan. Dari alun-alun utara, Anda bisa menuju ke arah selatan.

Ada Sejarah Unik Di Balik Jamasan Kereta Pusaka  | Breaktime
Jamasan Kereta Pusaka bisa disaksikan oleh umum juga, lho!

Kapan upacara ini dilakukan?

Masyarakat suku Jawa mengenal yang namanya bulan Suro dalam kalender Jawa. Bulan Suro dimaknasi sebagai saat yang tepat untuk membersihkan diri. Oleh karena itu, ritual ini dilakukan pada bulan Suro, tepatnya pada Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon.

Sepertinya unik, ya B’timers ritual jamasan kereta pusaka Kanjeng Nyai Jimat ini. Indonesia memang benar-benar negara dengan multiculture yang luar biasa keren. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE