Ada Hal Mengejutkan Di Balik Tradisi Ulang Tahun | Breaktime
Ada Hal Mengejutkan Di Balik Tradisi Ulang Tahun
23.04.2017

Perayaan hari ulang tahun atau hari lahir dilakukan sebagai rasa bersyukur kepada Tuhan telah memberikan umur yang panjang. Begitu makna hari ulang tahun yang banyak dipahami oleh orang-orang. Adanya perayaan ulang tahun di dunia memang berhasil membuat manusia lebih mensyukuri hidupnya. Tetapi, ulang tahun ternyata bukan hanya sekedar perayaan. Ada fakta-fakta yang berkaitan erat dengan perayaan ulang tahun yang sekarang sering kita lakukan. Apa saja ya?

Pertama, ada kaitannya dengan Firaun yang merupakan sebutan bagi setiap raja yang memimpin Mesir. Firaun sangat dihormati oleh masyarakat Mesir Kuno, karena meyakini bahwa Firaun mampu berinteraksi dengan dewa. Tradisi ulang tahun sendiri bermula dari penanggalan yang ditemukan pada zaman Mesir Kuno. Diyakini bahwa Firaun merayakan ulang tahun pertamanya pada 3000 SM.

Ada Hal Mengejutkan Di Balik Tradisi Ulang Tahun | Breaktime
Firaun di zaman Mesir Kuno juga ada kaitannya dengan ulang tahun

Baca juga : TELUR DAN KELINCI PASKAH, INILAH DIA SEJARAHNYA!

Beralih dari kisah Firaun yang merayakan ulang tahunnya, ada banyak hal yang identik dengan perayaan ulang tahun. Salah satunya adalah lilin. Di era Yunani Kuno, Artemis merupakan dewi hewan liar, pemburu, dan kelahiran. Bahkan ia juga dikenal dengan sebutan “bulan“. Hal ini ada kaintannya dengan lilin ulang tahun. Kue pertama diberikan di kuil Artemis dengan lilin di atasnya yang bermakna sebagai sinar dan kilauan cahaya rembulan.

Make a wish juga satu hal yang selalu identik dengan perayaan ulang tahun. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan permohonan dan rasa syukur. Ini juga berawal dari masyarakat Yunani Kuno yang mempercayai bahwa asap adalah salah satu sarana menyampaikan pesan dan permohonan kepada dewa.

Ada Hal Mengejutkan Di Balik Tradisi Ulang Tahun | Breaktime
Ternyata kue dan lilin ulang tahun punya makna

Baca juga : LEGENDA TELAGA BIRU MALUKU BUKTI RASA PATAH HATI

Ada juga balon ulang tahun. Balon menjadi salah satu aksesoris yang sering digunakan dalam perayaan ulang tahun. Zaman dahulu, balon terbuat dari usus dan kandung kemih binatang yang kemudian diisi dengan air. Kalau Suku Aztec, tidak mengisinya dengan air, melainkan dengan udara dan membentuknya seperti binatang untuk dipersembahkan pada para dewa.

Selain balon, kartu ucapan ulang tahun juga tidak pernah ketinggalan. Budaya pemberian kartu ucapan ulang tahun diawali di Inggris sejak lebih dari satu abad yang lalu. Sebenarnya, kartu ucapan ini diberikan kepada seseorang yang berulang tahun, karena tidak bisa menghadiri perayaan. Tetapi saat ini justru kartu ucapan tak bisa lepas saat Anda memberikan kado pada teman yang berulang tahun.

Perayaan ulang tahun menjadi lengkap dengan adanya lagu yang berjudul Happy Birthday. Ternyata tahukah Anda bahwa lagu tersebut berasal dari lagu Good Morning to All yang ditulis oleh Patty Hill dan Mildred J Hill pada tahun 1893. Lagu ini dinyanyikan untuk mengawali pembelajaran di kelas. Pada tahun 1924, Coleman mempublikasikan sebuah buku lagu dengan irama hampir mirip dengan Good Morning to All. Hanya saja ada beberapa tambahan lirik baru.

Ada Hal Mengejutkan Di Balik Tradisi Ulang Tahun | Breaktime
Balon ulang tahun juga ada sejarahnya

Baca juga : KISAH KEDEKATAN R.A KARTINI & SAUDARANYA

Cerita lain datang dari zaman Romawi Kuno. Bangsa Romawi melakukan perayaan ulang tahun untuk teman-teman dan keluarga mereka. Bahkan pemerintah di masa itu membuat peraturan hari libur untuk mengobservasi kegiatan masyarakatnya, terutama untuk kelas menengah ke atas. Saat itu, perayaan ulang tahun hanya khusus untuk kaum pria. Namun di abad ke-12, perempuan Romawi baru boleh merayakan hari lahir mereka. Wah, ada-ada saja ya!

Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini, perayaan ulang tahun juga ikut berkembang. Tradisi dari tahun ke tahun terus berubah. Namun, pada intinya perayaan ulang tahun membuat seseorang mengingat hidup mereka, menghargai apa yang telah dilakukan, berusaha untuk masa depan, dan terus bersyukur. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE