Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh? | Breaktime
Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh?
23.07.2017

Sebagai negara dengan warisan budaya yang kaya, Indonesia patutlah berbangga karena warisan seperti ini justru tak ternilai harganya. Dari Sabang sampai Merauke, ada saja kultur unik dan bernilai filosofis tinggi— mencerminkan betapa masyarakat Indonesia selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sosial hingga nilai-nilai keagamaan yang dianut. Salah satu saksi bisu kebudayaan Indonesia yang patut untuk selalu dijaga adalah bangunan adat. Tak usah berpikir terlalu keras guna mengingat contoh-contohnya. Sebut saja aneka candi seperti Candi Borobudur sampai Prambanan.

Namun bangunan adat yang hendak ditelaah dari segi sejarah dan nilai filosofisnya kali ini adalah sebuah rumah adat. Rumah adat pasti ada di setiap provinsi dengan ciri khas dan keindahannya masing-masing. Seperti halnya rumah adat Krong Bade, atau yang diketahui pula dengan nama Rumoh Aceh. Sekali melihatnya, Anda pasti akan langsung terkagum dengan struktur bangunannya yang lain daripada yang lain. 

Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh? | Breaktime
Kemegahan rumah adat Krong Bade tampak dari samping

Rumah adat Krong Bade termasuk ke dalam golongan rumah berstruktur panggung. Ia disokong oleh tiang-tiang pancang setinggi dua setengah sampai tiga meter. Bahan utama yang mendominasi material rumah ini adalah bahan kayu. Akan tetapi, khusus bagian atap dan lantai secara berurutan memanfaatkan anyaman daun rumbia dan tanaman bambu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuak, Gunung Arjuna Pernah Tembus Kahyangan!

Yang menarik, sebelum siap membangun rumah adat ini Anda harus mau melaksanakan serangkaian persyaratan yang sudah diperintahkan sejak turun-temurun. Pertama-tama Anda wajib melakukan upacara untuk menentukan hari pembangunan rumah. Ini bertujuan agar rumah dibangun ketika hari baik sehingga rumah tersebut nantinya membawa berkah bagi si pemiliknya. Belum lagi Anda harus menghelat acara kenduri di saat sebelum dan sesudah proses pembangunan berlangsung. Kalau tak ditaati, maka rumah adat Krong Bade Anda bukanlah sebuah rumah adat yang otentik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik 5 Kisah Legenda Daerah Asli Indonesia

Belum cukup sampai disitu B’timers, ada lho beberapa perabotan atau barang yang mutlak hukumnya agar ditaruh di sekitar area rumah. Percaya tidak kalau di bagian depan rumah adat ini perlu dipasang gentong air? Fungsinya sih untuk membersihkan kaki siapa saja yang hendak memasuki rumah. Wah, bisa dibayangkan ya betapa orang Aceh begitu menomorsatukan kebersihan. Berhubung mayoritas beragama Islam, ini mungkin juga berhubungan dengan filosofi agar rumah tak mudah terkontaminasi kotoran atau najis. Sebab bila rumah Anda najis, maka ibadah yang dilakukan di sana tak akan sah diterima oleh Yang Maha Kuasa.

Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh? | Breaktime
Ukir-ukiran rumah adat yang eksotis

Di dalam rumah adat Krong Bade juga sarat akan lukisan dan ukiran dinding dengan corak khas Aceh. Tak jarang juga bahwa ukiran dan lukisan ini menyertakan unsur-unsur Islami di dalamnya— menandakan bahwa masyarakat Aceh adalah masyarakat yang religius dan menyukai hal-hal berbau seni. Oh iya, masih ada bukti lain lho yang merefleksikan bahwa masyarakat Aceh adalah masyarakat yang agamis. Hal ini dapat diterka dari arah bangunan rumah adatnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kok Bisa Tomat Busuk Jadi Alat Perang Di Lembang?

Perhatikan baik-baik deh kalau sebenarnya rumah adat Krong Bade selalu membujur dari barat ke timur. Dan apa itu tandanya? Yap, rumah adat berarti mengarah ke arah kiblat umat muslim. Alhasil, tak perlu kebingungan mencari arah kiblat deh bila hendak beribadah di sini. Tidak heran ya kalau Aceh sampai disebut sebagai Serambi Mekah.

Namun yang paling jadi pertanyaan kebanyakan orang adalah kenapa rumah adat Krong Bade merupakan rumah dengan arsitektur panggung. Well, ternyata masyarakat Aceh sengaja membuatnya seperti itu agar keluarga yang tinggal di sana terlindung dari serangan binatang buas. Benar-benar sebuah rumah dengan pesona yang lengkap mulai dari segi keindahan, keagamaan sampai keamanannya! (kps)   



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE