6 Peradaban Kuno Yang Tak Banyak Diketahui | Breaktime
6 Peradaban Kuno Yang Tak Banyak Diketahui
09.05.2017

Keadaan bumi sekarang ini tentu memiliki sejarah panjang yang mengagumkan. Anda tentu pernah mendengar kisah tentang zaman purba dan banyak zaman-zaman atau peradaban lain jauh sebelum seisi dunia bisa secanggih ini. Peradaban zaman dulu juga seringkali diangkat menjadi sebuah buku atau film. Beberapa peradaban bahkan sudah tidak asing di telinga masyarakat, seperti bangsa Romawi, Mesir Kuno, Yunani, dan masih banyak lagi.

Tapi, ternyata banyak yang tak diketahui bahwa ada peradaban lain yang jarang atau bahkan tidak pernah diekspos. Peradaban dan budaya kuno sebenarnya sedikit banyak juga mempengaruhi kehidupan manusia di zaman sekarang ini. Apa saja, sih peradaban dan budaya kuno yang belum pernah diekspos?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Festival Paling Warna-Warni Di Dunia

Peradaban yang pertama adalah Negeri Punt. Ini merupakan sebuah kerajaan di Afrika yang menjadi partner dagang bangsa Mesir Kuno. Ternyata kedua kerajaan ini selalu melakukan barter pada abad ke 26 SM atau selama rezim Firaun Khufu masih berjaya. Pada zaman ini, terjadi pembangunan Piramida Agung Giza.

Namun sayangnya, tak ada seorang pun yang tahu dimana letak kerajaan Negeri Punt. Informasi tentang perdagangannya pun didapatkan dari catatan Mesir. Tapi, beberapa ahli mengira bahwa Negeri Punt berada di tenggara atau di Tanduk Afrika.

Lain lagi dengan Kerajaan Silla yang berjaya pada tahun 57 – 935 M. Ada cukup banyak informasi yang bisa dijelaskan tentang keberadaan kerajaan yang didirikan oleh Raja Bak Hyeokgeose ini. Kerajaan ini ternyata termasuk dalam salah satu dinasti yang cukup lama berdiri. Kekuasannya mencakup wilayah Semenanjung Korea. Legenda mengatakan bahwa sang raja menetas dari sebuah telur misterius di hutan dan akhirnya menikah dengan seorang ratu yang lahir dari rusuk naga. 

6 Peradaban Kuno Yang Tak Banyak Diketahui | Breaktime
Patung perunggu Sanxingdui (chinaexploration.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah

Beberapa penemuan terjadi seperti barang-barang mewah yaitu belati emas hingga perhiasan giok. Bahkan yang terakhir ditemukan tulang utuh seorang wanita di dekat Gyeongju yang merupakan ibukota Silla. Analisisnya menyebutkan bahwa wanita tersebut seorang vegetarian yang makan beras, gandum, dan kentang. Tengkoraknya pun memanjang. Semua artefak tersebut kini ada di Museum Nasional Gyeongju, Korea Selatan.

Selanjutnya ada sebuah peradaban di lembah Sungai Indus yang hidup sekitar tahun 3300 – 1600 SM. Peradaban ini hidup membentang dari Sungai Indus di Pakistan hingga Sungai Gangga di India. Hanya saja, informasi tentang peradaban kuno ini sangat sedikit. Bahkan artefak yang menunjukkan bahasa dan aksara yang digunakan masih belum bisa dipecahkan hingga sekarang.

Tiongkok rupanya juga memiliki peradaban kuno yang jarang sekali diekspos. Selain dinasti-dinasti yang kita kenal selama ini, ternyata ada juga sebuah peradaban, yaitu Sanxingdui. Ini adalah sebuah peradaban di Zaman Perunggu yang kini dikenal sebagai Provinsi Sichuan. Artefak pertamanya ditemukan pada tahun 1929. Kemudian pada tahun 1986 dilanjutkan penggalian yang pada akhirnya ditemukan ukiran batu giok dan patung-patung perunggu setinggi 2,4 meter.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno

Berbeda dengan peradaban dan budaya Nok yang ditemukan secara tidak sengaja. Wilayahnya kini dikenal sebagai Nigeria Utara. Penemuan ini terjadi ketika melakukan operasi tambang timah pada 1943. Para penambang menemukan patung kepala dari tanah liat, patung dengan desain rumit yang menggambarkan orang memakai perhiasan dan membawa tongkat serta cambuk.

Peradaban kuno yang terakhir adalah Etruskan yang berkembang di Italia Utara sejak 700 – 500 SM. Masyarakatnya mengembangkan aksara yang unik dan makam keluarga yang mewah. Masyarakatnya juga merupakan kaum teokrasi. Artefak yang ditemukan menunjukkan bahwa ritual agama menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penemuan yang tertua adalah penggambaran proses melahirkan dalam seni barat yaitu dewi berjongkok untuk melahirkan.

Begitu panjang sejarah di bumi ini sehingga masih banyak peradaban yang belum diekspos atau bahkan sangat sulit dipecahkan. Namun bagaimanapun juga, semua perdaban tersebut tetap memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan sekarang ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE