6 Kuliner Khas Solo Punya Sejuta Makna | Breaktime
6 Kuliner Khas Solo Punya Sejuta Makna
31.05.2017

Indonesia bukan hanya negara yang kaya akan destinasi wisata alamnya saja, tapi juga beragam kuliner yang dimiliki hampir setiap daerah di negeri ini. We know it. Saking banyaknya jenis kuliner khas masing-masing daerah di Indonesia, mungkin sudah banyak juga makanan yang Anda icipi. Bagaimana dengan berbagai makanan khas Solo? Salah satu di antara beberapa makanan khas Solo pasti pernah melesat di lidah Anda, kan?

Nasi Liwet jadi kuliner Solo yang sedang hits-hitsnya akhir-akhir ini. Anda pasti kenal banget dengan makanan yang satu ini. Bahkan kini banyak restoran yang menyediakan menu Nasi Liwet. Kuliner yang satu ini memang seru banget kalau dimakan bareng-bareng. Eits, tapi tahukah Anda bahwa ternyata Nasi Liwet memiliki filosofi dan makna yang mendalam.

Sebenarnya bukan hanya Nasi Liwet, kuliner khas Solo lainnya juga punya makna tersendiri di balik kenikmatannya. Nggak percaya? Simak saja, nih ulasannya berikut ini!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Saulak, Tradisi Pra-Nikah Suku Mandar Banyuwangi

Nasi Liwet

Di kota asalnya, Nasi Liwet selalu jadi menu sarapan sehari-hari dan dijual berkeliling dengan sepeda. Mungkin kalau di Jawa Timur seperti Nasi Pecel yang paling mantap disantap saat pagi hari. Tapi kalau di Solo, masing-masing penjual punya daerah jualannya masing-masing. Jadi nggak boleh jualan di tempat penjual lainnya. Hal tersebut sudah jadi tradisi secara turun-temurun.

Cabuk Rambak

Nah, kalau kuliner yang satu ini mungkin banyak yang belum tahu. Yap, karena Cabuk Rambak sudah mulai langka. Cabuk Rambak adalah makanan yang berisi lontong, kemudian diguyur dengan kuah pecel dan diberi kerupuk gendar atau nasi kering. Tapi, ternyata dibalik langkanya makanan yang satu ini, sebenarnya kaya akan karbohidrat, lho. Cocok deh sama lidah dan perut orang Indonesia.

Selat Solo

Kuliner yang ini juga lumayan terkenal, sih. Siapa yang percaya bahwa ternyata Selat Solo adalah bistiknya Indonesia. Yap, dikonsep seperti penyajian steak luar negeri berisi daging, telur, kentang, dan keripik pedas. Jadi, Anda yang doyan dengan steak, harus coba steak khas Solo ini. Rasanya nggak kalah menggoda.

6 Kuliner Khas Solo Punya Sejuta Makna | Breaktime
Wedang Uwuh khas Solo
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sosok Belanda Di Balik Cantiknya Kebun Raya Bogor

Brambang Asem

Satu hal yang jadi ciri khas makanan ini adalah tempe gembusnya. Tempe gembus adalah tempe yang terbuat dari ampas tahu. Ternyata tempe gembus telah ada sejak jaman dulu. Ini dibuat oleh orang-orang dulu demi memenuhi kebutuhan dapur. Wah, susah payah banget, ya untuk bisa makan enak. Nah, Brambang Asem sendiri memiliki isian daun talas yang diguyur dengan sambal gula merah. Sama halnya dengan Cabuk Rambak, makanan ini juga mulai susah dicari.

Wedang Uwuh & Wedang Ronde

Pertama kita akan membahas tentang Wedang Uwuh. Minuman ini merupakan racikan herbal seperti jahe, secang, cengkeh, akar sereh, daun sereh, dan kapulaga yang dikeringkan. Paling nikmat jika diseduh dengan gula batu. Ternyata Wedang Uwuh adalah minuman yang dulunya dikonsumsi oleh Raja-Raja Imogiri Yogyakarta yang akhirnya menyebar ke Solo untuk kesehatan.

Kalau Wedang Ronde ternyata merupakan perpaduan dua budaya, yaitu budaya Jawa dan budaya Tionghoa. Biasanya 10 hari setelah Imlek diadakan Festival Ronde yang seru banget. Kini Wedang Ronde sudah berakulturasi dengan menggunakan jahe racikan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Sejarah Kenaikan Isa Almasih Berikut, yuk!

Serabi Solo

Ini adalah kuliner khas Solo yang terakhir dengan makna yang cukup dalam. Dulu, serabi dikonsumsi setiap jam 3 pagi untuk sarapan. Ini karena, para penjual serabi berjualannya sejak pagi buta. Mengapa demikian? Yap, tak lain dan tak bukan karena kebiasaan orang dulu yang selalu bangun pagi. Bandingkan saja dengan fenomena sekarang, deh, B’timers.

Nah, itulah sebenarnya filosofi dan makna di balik beberapa makanan khas Solo yang lezatnya tak tertandingi. Meski nikmat, tapi Anda juga harus tahu asal usul serta penjelasan lebih luas tentang kuliner suatu daerah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE