5 Penemuan Muslim Yang Belum Pernah Terkuak! | Breaktime
5 Penemuan Muslim Yang Belum Pernah Terkuak!
14.06.2017

Di bulan puasa seperti ini, rasanya semua hal jadi lebih identik dengan yang berbau Islam. Tak heran jika suasana Ramadhan terasa berbeda dari bulan-bulan lainnya. Bahkan sebagian besar orang merasa bahwa Ramadhan adalah bulan yang paling dirindukan. Salah satu yang paling ngangenin di bulan Ramadhan adalah suasana ngabuburit. Yap, ini adalah waktu dimana umat Muslim di Indonesia menghabiskan waktunya untuk menunggu bedhug maghrib.

Ramadhan juga menjadi bulan yang dimanfaatkan umat Islam untuk berbuat hal yang baik dan bermanfaat. Tak perlu ribet untuk melakukan hal yang bermanfaat, Anda bisa ngabuburit dengan mempelajari sejarah Islam yang memang sangat menarik untuk dibahas.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Murah Untuk Dua Orang Ke Dubai

Kali ini Breaktime akan menguak tentang penemuan penting umat Muslim yang sampai sekarang masih sangat berguna dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini diungkapkan oleh Professor Salim al-Hassani yang merupakan Ketua Foundation for Science, Technology, and Civilisation. Professor Hassani mengungkapkan bahwa ada 5 penemuan penting umat Islam yang harus diketahui.

Kopi adalah hal pertama yang ternyata bermula dari seorang muslim. Popularitas kopi paling tinggi saat ini memang di dunia Barat, tetapi kenyataannya ternyata biji kopi pertama kali diseduh di Yemen pada abad ke-9. Kopi dijadikan sebagai minuman berenergi alami oleh kaum Sufi agar mereka tetap terjaga untuk berdoa di malam hari.

Kemudian, kopi dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar dan mulai dikenal secara luas. Hingga akhirnya menyebar ke Turki pada abad ke-13 dan ke Eropa pada abad ke-16. Hal terebut tak lain karena para pedagang Venesia membawanya ke Italia.

Selain kopi, teknik operasi atau bedah juga asal mulanya dilakukan oleh muslim. Operasi atau bedah adalah salah satu hal penting dalam pengobatan manusia. Teknik ini ternyata pertama kali diciptakan 1000 tahun lalu oleh Dokter Al-Zahrawi yang mempublikasikan sebuah ensiklopedia 1500 halaman tentang operasi. Buku tersebut menjadi referensi medis selama 500 tahun di Eropa.

5 Penemuan Muslim Yang Belum Pernah Terkuak! | Breaktime
Siwak adalah salah satu sunnah nabi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Paket Liburan Spesial ke Surga Tropis, Zanzibar!

Zahrawi tak hanya orang pertama yang menciptakan teknik operasi, tetapi juga menjadi yang pertama menggunakan usus kucing sebagai benang operasi, orang pertama yang melakukan operasi sesar, dan orang pertama yang menciptakan forsep atau gunting tang untuk operasi.

Hebatnya lagi, orang pertama yang mencoba untuk menciptakan mesing terbang adalah Abbas Ibn Firnas. Mesin terbang tersebut kini lebih dikenal sebagai pesawat terbang. Sayangnya, Firnas tidak begitu dikenal sebagai orang pertama pencetus mesin terbang itu sendiri.

Firnas hidup di abad ke-9. Sejarawan Moroko, Ahmed Mohammed al-Maqqari, menyatakan bahwa Firnas telah merancang sebuah alat bersayao yang mirip dengan kostum burung. Firnas sempat terbang beberapa saat untuk percobaan ini, sebelum akhirnya ia jatuh ke tanah dan mematahkan punggungnya.

Bahkan yang paling sederhana adalah sikat gigi. Ternyata Nabi Muhammad SAW yang pertama kali mempopulerkan sikat gigi. Pada tahun 600-an, Nabi Muhammad menggunakan ranting pohon meswak untuk membersihkan giginya dan menyegarkan nafas. Ranting tersebut kini lebih dikenal dengan siwak. Senyawa yang ada dalam siwak pun kini digunakan sebagai bahan pasta gigi modern.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Bahari Tersembunyi Di Teluk Tomini

Terakhir adalah tentang universitas. Tahukah B’timers bahwa ternyata universitas didirikan oleh seorang wanita, lho! Tepat pada tahun 859, Fatima al-Firhi mendirikan universitas pertama di Fez, Moroko. Universitas tersebut adalah Universitas Al Quaraouiyine yang hingga sekarang masih beroperasi.

Tak disangka, ya penemuan-penemuan tersebut ternyata dilakukan oleh seorang Muslim. Ngabuburit Anda benar-benar bermanfaat, kan? B’timers bisa tahu tentang sejarah umat Islam yang tidak banyak diketahui. Selain itu, Anda juga bisa browsing tentang hal lain yang juga bermanfaat. Misalnya saja tentang kesehatan atau investasi atau bahkan keduanya? Yap, Anda bisa klik situs di sini tentang hal-hal tersebut untuk ngabuburit lebih berguna. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE