5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah | Breaktime
5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah
29.04.2017

Setelah beberapa minggu yang lalu umat Kristiani memperingati meninggalnya Jesus Kristus atau yang lebih dikenal dengan Paskah, ada banyak cara yang dilakukan. Hanya saja yang menjadi budaya sejak dulu adalah hubungan Paskah dengan telur. Breaktime telah mengungkap rahasia tentang hubungan telur dan Paskah. Kali ini, Breaktime akan mengulas perayaan damai Paskah di berbagai negara.

Ternyata beberapa negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan Paskah. Bahkan perayaan tersebut bisa dibilang sangat menarik. Daripada berlama-lama, langsung saja yuk, cari tahu seperti apa tradisi Paskah dari seluruh dunia.

5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah | Breaktime
Anak-anak di Finlandia

Baca juga : TELUR DAN KELINCI PASKAH, INILAH DIA SEJARAHNYA!

Meksiko dikenal sebagai negara yang punya kebudayaan dan tradisi yang beragam. Termasuk saat sedang merayakan Paskah. Meksiko sangat identik dengan penggunaan cascarones atau telur-telur yang berisi confetti. Saat Paskah, masyarakat Meksiko pertama-tama akan pergi ke gereja, kemudian menyaksikan pesta kembang api, kemudian mereka akan melempar cascarones satu sama lain. Hal ini ternyata memiliki filosofi tersendiri, yaitu mampu menebarkan cinta pada orang terkasih.

Berbeda dengan Finlandia yang juga punya tradisi sendiri dalam merayakan Paskah. Anak-anak Finlandia akan berburu telur sama seperti yang dilakukan oleh negara lain, hanya saja ada perbedaan sedikit dalam hal ini. Satu hal yang membedakan adalah pakaian dan peralatan yang digunakan. Mereka akan menggunakan pakaian seperti penyihir sampil membawa sapu, teko, dan ranting willow. Selanjutnya mereka akan meramaikan jalanan Finlandia.

Tak cukup hanya dengan berburu telur, anak-anak Finlandia akan menanam benih rumput di pinggir jalan dan menempatkan ranting di dalam air untuk membuatnya tumbuh. Sedangkan di Finlandia Barat, akan dinyalakan api unggun. Mereka percaya bahwa asap yang ditimbulkan api unggun mampu mengusir roh jahat.

5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah | Breaktime
Paskah di Spanyol

Baca juga : KISAH 4 ANAK TRAVELING SENDIRI INI BIKIN TEGANG!

Lalu, bagaimana dengan tradisi yang dilakukan di Perancis? Warga Perancis memiliki tradisi yang sangat menyenangkan dalam merayakan Paskah. Tradisi perayaan Paskah di Perancis berasal dari Haux yang merupakan sebuah kota kecil di selatan. Saat Paskah, warga akan berkumpul di alun-alun kota untuk membuat omelet raksasa. Omellet tersebut terbuat dari 4.500 telur dan akan dimakan oleh 1000 orang lebih. Tradisi ini berasal dari Napoleon yang mampir ke Haux dan meminta makanan. Ia sangat menyukai omelet  dan terus meminta keesokan harinya.

Kali ini Breaktime akan pindah ke Spanyol untuk mengintip keseruan Paskah di sana. Ribuan orang akan berbaris di jalanan untuk menyaksikan parade marching band dan floats festooned yang dihiasi dengan lilin dan patung di zaman Barok. Parade tersebut menggambarkan kisah Paskah yang merupakan perjalanan ke perjalanan suci nazarenos dengan kebiasaan mengenakan jubah dan topi runcing.

Di kota lainnya, Verges, Spanyol, warga akan melakukan tarian kematian pada Kamis Suci. Mereka akan berdandan seperti kerangka dengan membawa sabit dan kotak abu. Warga kota akan menari pada tengah malam dan tidak akan berhenti hingga dini hari.

5 Negara Ini Punya Cara Asyik Rayakan Paskah | Breaktime
Bulgaria juga punya perayaan Paskah yang unik

Baca juga : ADA HAL MENGEJUTKAN DI BALIK TRADISI ULANG TAHUN

Terakhir adalah Bulgaria dengan beberapa tradisi merayakan Paskah. Warga tidak akan melemparkan telur satu sama lain. Wanita dewasa hanya akan mengoleskan telur yang telah dicelup cat berwarna merah pada pipi anak-anak sebagai simbol untuk kesehatan dan kekuatan yang sering dikaitkan dengan pipi yang kemerahan.

Apapun tradisi yang dilakukan di berbagai negara, yang pasti perayaan Paskah tetap memiliki kesan religi tersendiri bagi umat Kristiani yang merayakannya dan tradisi hanya akan menjadi warna baru dalam perayaan damai Paskah.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE