5 Mitos Nyeleneh Yang Masih Dipercaya Orang Jawa | Breaktime
5 Mitos Nyeleneh Yang Masih Dipercaya Orang Jawa
29.12.2016

Apakah Anda pernah mendengar larangan-larangan yang sering dilontarkan orang tua? Khususnya buat B’timers yang orang Jawa tulen, nih. Larangan-larangan tersebut disebut juga dengan mitos. Anehnya, mitos yang entah asalnya darimana ini cukup aneh dan nyeleneh. Tetapi, yang membuat aneh justru hingga saat ini mitos tersebut masih saja dipercaya.

Misalnya seperti kalau menyapu tidak bersih, nanti suaminta brewokan! Ini sungguh tidak masuk akal, kan B’timers. Namun, faktanya mitos ini memiliki makna agar melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Ancaman pria brewokan ini karena jaman dulu, pria yang brewokan dipandang jahat dan kasar. Kalau sekarang sepertinya akan semakin senang, karena pria brewokan terlihat sexy.

Termasuk juga mitos tentang larangan bersiul di malam hari. Orang Jawa percaya bahwa jika bersiul di malam hari akan mengundang setan. What? Apa hubungannya? Sebenarnya ini dilakukan agar tidak bersiul karena mengganggu tetangga yang istirahat.

Ada lagi mitos tentang larangan duduk di atas bantal, karena akan menyebabkan bisulan. Ini karena bantal merupakan alas untuk kepala saat tidur, jadi jika diduduki akan terkesan tidak sopan. Hmm… ada-ada saja orang jaman dulu.

5 Mitos Nyeleneh Yang Masih Dipercaya Orang Jawa | Breaktime
Bersiul di malam hari, salah satu mitos nyeleneh yang masih dipercaya

Tidak boleh makan di depan pintu mungkin salah satu mitos yang juga sering B’timers dengar. Khususnya para cewek, nih. Katanya kalau makan di depan pintu bisa susah jodoh. Mitos yang tidak masuk akal dan masih dipercaya hingga sekarang ini sebenarnya punya makna lain.

Maksudnya di sini agar tidak menghalangi orang yang keluar-masuk di depan pintu. Lagipula untuk apa makan di depan pintu, karena sejatinya makan di depan TV lebih asyik. Benar, kan?

Yang terakhir adalah mitos tentang anak kecil yang dilarang main saat menjelang maghrib, karena kalau tidak nanti diculik Wewe Gombel yang dipercaya sebagai hantu penyuka anak-anak di masyarakat Indonesia. Yup, sebenarnya ini agar anak-anak tidak bermain di malam hari, karena sangat berbahaya.

Nah, apakah di lingkungan Anda juga masih percaya dengan mitos-mitos tersebut? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE