Hal Penting Sebelum ke Festival di Pagoda Yen Tu | Breaktime
5 Hal Penting Sebelum ke Festival di Pagoda Yen Tu
03.06.2016

Pagoda Yen Tu merupakan destinasi wisata alam dan wisata religi yang terdapat di Provinsi Quang Ninh, kawasan timur laut Vietnam.

Berada di puncak gunung, Yen Tu merupakan pagoda tertinggi di Vietnam dengan pemandangan yang unik, arsitektur, budaya sejarah, serta disiapkan sebagai salah satu bagian dari World Heritage Site UNESCO.

Setiap awal tahun, terutama pada awal Februari atau Tahun Baru Penanggalan Bulan, ribuan orang Vietnam naik ke Pagoda Yen Tu dalam rangka memeriahkan Festival Yen Tu. Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Tahun Baru China atau di Vietnam dikenal dengan sebutan Tet.

Untuk menuju pagoda utama di puncak gunung, wisatawan harus mendaki ribuan anak tangga yang terbuat dari batu selama kurang lebih tiga jam. Persiapkan beberapa hal berikut sebelum menuju Pagoda Yen Tu.

Hal Penting Sebelum ke Festival di Pagoda Yen Tu | Breaktime
Wisatawan dan warga lokal Vietnam memadati Pagoda Yen Tu saat musim semi

1. Hormati budaya dan kepercayaan lokal

Yen Tu merupakan pagoda yang disucikan oleh umat Buddha di Vietnam. Karena itu saat menuju tempat ini gunakan pakaian yang tertutup dan menghormati Bhiksu dan bangunan atau makam yang terdapat di sepanjang rute pendakian.

2. Kesehatan

Dibutuhkan kondisi fisik yang prima untuk mendaki ribuan anak tangga selama tiga jam menuju puncak Pagoda Yen Tu. Karena itu pastikan kesehatan dan fisik B'timers siap sebelum memutuskan untuk menuju lokasi ini.

3. Peralatan

Meskipun tidak seberat mendaki gunung, tetap perhatikan sepatu dan pakaian yang digunakan untuk menuju pagoda. Pakailah sepatu yang ringan atau sepatu olahraga, baju yang mudah menyerap keringat, serta persiapkan jas hujan.

Hal Penting Sebelum ke Festival di Pagoda Yen Tu | Breaktime
Festival Musim Semi di Pagoda Yen Tu berlangsung pada bulan Januari sampai Februari

4. Kereta gantung

Selain rute pendakian, B'timers bisa memanfaatkan kereta gantung untuk menuju puncak pagoda. Namun fasilitas ini tidak sewaktu-waktu bisa digunakan karena tergantung pada kondisi cuaca dan angin.

5. Awas copet

Saat berlangsungnya Festial Yen Tu, ribuan warga lokal naik ke puncak gunung untuk berdoa di pagoda Yen Tu. Karena itu pastikan keamanan benda-benda penting seperti dompet dan ponsel karena bukan tak mungkin ada tangan-tangan jahil yang mengambil kesempatan pada festival ini. (ZA)

Share This Article