5 Fakta Misteri Tentang Gunung Bromo | Breaktime
5 Fakta Misteri Tentang Gunung Bromo
01.10.2016

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata favorit yang selalu dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri. Gunung Bromo memang sangat terkenal dengan keindahan alam, matahari terbit, budaya, dan adat istiadatnya. Namun tidak hanya itu, selain keindahan luar biasa yang disuguhkan taman nasional ini, Gunung Bromo dan sekitarnya ternyata memiliki beberapa kisah misteri yang entah itu benar atau tidak. Berikut ini fakta-fakta misteri tentang Gunung Bromo yang sering dibicarakan oleh masyarakat.

Legenda Akar Ghaib

Legenda ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sebagian orang yang memiliki kemampuan spiritual dalam melihat hal-hal ghaib, mengungkapkan bahwa terdapat akar ghaib yang melintas di tengah lautan pasir.

Pasir Hisap

Ada pula isu tentang pasir hisap yang terdapat di sekitar area lautan pasir. Sebaiknya Anda bertanya pada masyarakat Suku Tengger area mana saja yang dipercaya sebagai pasir hisap. Tetapi di sana juga sudah diberi batas jalan mana saja yang tidak boleh dilewati.

Benda Peninggalan Dewa

Menurut masyarakat sekitar, konon terdapat banyak benda pusaka peninggalan Kerajaan Majapahit yang terkubur di dalam Gunung Bromo. Selain itu juga dipercaya sebagai benda-benda peninggalan Dewa.

5 Fakta Misteri Tentang Gunung Bromo | Breaktime
Keindahan kawasan Gunung Bromo yang penuh misteri

Istana Raksasa

Kisah lain yang tidak masuk akal tetapi sangat dipercaya oleh masyarakat Suku Tengger adalah Ki Bromo yang sedang membangun istana megah dan raksasa ketika terjadiny letusan gunung. Oleh karena itu, masyarakat harus memberikan sesaji.

Orang Hilang Tanpa Jejak

Yang selalu menjadi misteri adalah hilangnya orang-orang atau wisatawan yang tidak meninggalkan jejak sama sekali. Bahkan jasadnya tidak ditemukan.

Kisah-kisah tersebut tentunya sulit untuk dipercaya. Namun, setiap daerah, khususnya tempat wisata pasti memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dijalani dan dihormati. Kita juga harus memiliki niat baik saat berwisata dengan tidak merusak alam sekitarnya atau melakukan hal-hal yang tidak baik. (vpd) 

Share This Article