3 Situs Candi Jawa Barat Penuh Misteri | Breaktime
3 Situs Candi Jawa Barat Penuh Misteri
17.01.2017

Indonesia memang kaya akan berbagai wisata. Salah satunya adalah wisata sejarah yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Yup, Indonesia pada jaman dahulu kala memang diperintah oleh beberapa kerajaan besar.

Kerajaan-kerajaan tersebut memerintah hampir seluruh wilayah di Indonesia. Jadi, tak heran kalau Indonesia memiliki berbagai situs peninggalan kerajaan-kerajaan tersebut. Salah satunya adalah candi. Ini menjadi situs peninggalan yang paling nyata.

Candi-candi ini banyak sekali terdapat di Pulau Jawa. Candi peninggalan kerajaan-kerajaan jaman dulu, kini dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa yang paling terkenal bahkan sudah sangat mendunia adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Banyak sekali situs candi yang juga tak kalah indah dan unik. Jawa Barat punya situs candi besar yang memiliki kisah dan misteri di baliknya. Apa saja itu? Yuk, simak saja ulasannya berikut ini, B’timers!

3 Situs Candi Jawa Barat Penuh Misteri | Breaktime
Penampakan Candi Cangkuang & makam seorang muslim. (Photo by detik.com)

Candi Cangkuang yang terdapat di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Garut. Candi Cangkuang ini merupakan candi Hindu. Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1966 oleh tim  peneliti yang bernama Uka Tjandrasasmita. Tim ini melakukan penelitian dengan dilatarbelakangi oleh buku sejarah tentang adanya arca Siwa dan makam Muslim di bukit Kampung Pulo.

Uka merasa ada yang aneh karena Siwa merupakan dewa Hindu dan Muhammad adalah nama seorang Muslim. Setelah digali, akhirnya ditemukan fondasi dengan ukuran 4,5 x 4,5 meter. Tak hanya itu, mereka juga menemukan puing-puing candi. Dilihat dari kesederhanaan bentuknya, Candi Cangkuang didirikan pada abad ke-8.

Puing-puing yang ditemukan oleh tim peneliti hanya 40%-nya saja. Kemudian pada tahun 1974 – 1976, candi ini dipugar sesuai dengan perkiraan bentuk aslinya. Dan arca Siwa yang sebelumnya sudah ditemukan, diletakkan di dalam candi.

Selanjutnya adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Candi ini berada pada satu komplek. Hanya saja, kedua candi ini berasal dari kerajaan yang berbeda. Candi Jiwa merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Candi Blandongan adalah peninggalan kerajaan Sriwijaya.

3 Situs Candi Jawa Barat Penuh Misteri | Breaktime
Situs Candi Blandongan di Karawang. (Photo by Google)

Secara administratif, kedua candi ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Situs Batujaya ini diteliti oleh tim arkeologi dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1984.

Pada saat dilakukan penelitian, pada tahun 1999/2000, ditemukan amulet dan materai. Amulet merupakan atribut agama Buddha. Alat ini digunakan untuk kegiatan ziarah. Amulet pada Candi Blandongan terdapat dua jenis, yaitu amulet 6 arca tanpa tulisan dan 6 arca dengan tulisan.

Temuan lainnya adalah prasasti berupa lempengan logam mulia. Ditemukan juga tiga fragmen kaki arca yang merupakan kaki arca Buddha dari bahan tembaga. Bahkan para peneliti juga menemukan rangka manusia dan gerabah. Hipotesa sementara adalah gerabah sebagai benda magis untuk alat upacara dan bekal kubur.

3 Situs Candi Jawa Barat Penuh Misteri | Breaktime
Situs Candi Bojongmenje yang terbengkalai. (Photo by Google)

Candi besar selanjutnya yang ada di Jawa Barat adalah Candi Bojongmenje. Letaknya berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Candi ini dibangun dari batu andesit yang diperkirakan denah dasarnya berbentuk bujur sangkar dengan sisi sepanjang 6 meter.

Hingga saat ini belum ada bukti tertulis tentang kerajaan mana yang berhubungan dengan situs candi ini. Tetapi candi diperkirakan dibangun pada abad ke-7 dan ke-8. Situs purbakala ini baru ditemukan pada tahun 2002. Berawal dari warga yang mencari penguruk gang di dekat lokasi candi.

Mereka melihat sekerumunan semut. Kemudia mereka mencoba menggali tanah hingga kedalaman setengah meter. Kemudian mereka menemukan tumpukan batu yang tertata rapi. Mereka pun lapor ke pihak berwajib. Sampai tahun 2005 pun, situs ini belum juga selesai digali dan bahkan semakin terbengkalai.

Jadi, itulah beberapa candi besar yang terdapat di wilayah Jawa Barat dan kisah misteri di baliknya. Apakah Anda sudah pernah mengunjungi candi-candi tersebut? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE