Yuk, Habiskan Weekend Seru Keliling Kota Tua! | Breaktime
Yuk, Habiskan Weekend Seru Keliling Kota Tua!
06.08.2016

B’timers bosan hanya pergi ke mall setiap akhir pekan? Anda ingin membuat akhir pekan lebih menyenangkan? Kawasan wisata Kota Tua menjadi pilihan yang tepat untuk Anda berakhir pekan dengan teman-teman. Anda harus percaya bahwa ada sisi lain kota Jakarta yang dijamin tidak akan membuat Anda merasa jenuh. Kota Tua sendiri merupakan salah satu peninggalan pemerintah Belanda pada masa penjajahan.

Alat transportasi

Untuk menuju kawasan wisata ini, B’timers bisa menggunakan transportasi umum. Anda dapat menggunakan bus Transjakarta dan turun di halte busway Kota atau menggunakan KRL dan turun di stasiun Beos-Kota. B’timers tak perlu bingung lagi untuk mencari lahan parkir, karena kawasan Kota Tua sangat dekat dengan halte bus dan stasiun.

Setelah Anda berada di Kota Tua, Anda akan disambut dengan bangunan-bangunan khas pada masa penjajahan Belanda, karena pemerintah kota tetap mempertahankan bangunan asli dengan sedikit renovasi di bagian-bagian yang rusak. Di Kota Tua Anda dapat berfoto dengan latar belakang dan suasana khas Belanda. Keren, lho B’timers!

Yuk, Habiskan Weekend Seru Keliling Kota Tua! | Breaktime
Café Batavia, Kota Tua, Jakarta

Beragam bangunan tua

Selain itu, di sana juga terdapat beberapa bangunan yang digunakan sebagai museum dan kafe. Beberapa museum yang ada di kawasan Kota Tua antara lain, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bank Indonesia. Berdiri juga sebuah kafe yang menjadi sudut favorit para pengunjung untuk bersantai sejenak, yaitu Café Batavia.

Jam buka dan harga tiket

Museum Sejarah Jakarta merupakan bangunan besar bergaya Barok yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah. Museum ini buka setiap hari Selasa-Minggu, pukul 09.00 - 15.00. Harga tiket masuknya pun sangat murah, dewasa Rp 5.000 dan anak-anak Rp 2.000.

Museum Wayang tidak hanya berisi jenis-jenis wayang dari Indonesia, tetapi juga wayang dari Cina, India, Polandia, dan Perancis. Museum ini juga buka pada hari Selasa-Minggu, pukul 09.00 - 15.00. Harga tiket masuknya pun juga sama, dewasa Rp 5.000 dan anak-anak Rp 2.000.

Café Batavia adalah salah satu tempat yang pas untuk beristirahat setelah mengelilingi Kota Tua. Kafe ini berinterior tempo dulu dengan menyajikan menu yang beragam. Café Batavia menyediakan bir dan wine. Selain itu ada juga menu tradisional seperti bajigur dan bandrek. Kafe ini buka sejak pukul 08.00 - dini hari.

Jadi, B’timers mulai sekarang masukkan Kota Tua Jakarta dalam weekend list Anda. Selamat berakhir pekan! (vpd)

Share This Article