Yuk, Backpacker-an Asyik ke Kota Pacitan! | Breaktime
Yuk, Backpacker-an Asyik ke Kota Pacitan!
05.09.2016

Pacitan yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu kota wisata yang wajib dikunjungi. Pacitan menyimpan banyak destinasi alam yang mempesona dan wisata kuliner yang akan membuat Anda rindu kembali ke sana. Jika B’timers belum terlalu mengenal Kota Pacitan, berikut ini ulasan tentang destinasi wisata, kuliner, dan transportasi menuju Kota Pacitan.

Destinasi Wisata

1. Goa Luweng Jaran

Goa ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan. Padahal Goa Luweng Jaran menawarkan sensasi petualangan ke perut bumi. Goa ini memiliki lorong sepanjang 48 km yang terhubung dengan goa lainnya.

2. Pantai Klayar

Pantai yang terletak sejauh 45 km dari pusat kota ini menawarkan sesuatu yang sering disebut dengan seruling laut, yang berupa batu karang besar dengan banyak celah. Setiap ombak datang, celah tersebut akan menimbulkan bunyi seperti siulan.

3. Pantai Watu Karung

Pantai ini agak tersembunyi dan sulit dijangkau. Namun perjalanan Anda akan terbayar dengan pemandangan karang, air laut, dan pasir putih yang terbentang indah. Selain itu, pantai ini memiliki ombak kelas dunia yang sangat cocok untuk berselancar.

Yuk, Backpacker-an Asyik ke Kota Pacitan! | Breaktime
Petualangan ke dalam perut bumi di salah satu goa di Pacitan

Wisata Kuliner

1. Soto Pacitan

Soto adalah makanan yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Yang membedakan soto pacitan dengan yang lainnya adalah tambahan kacang goreng.

2. Jadah Bakar

Jadah adalah sebuah makanan yang terbuat dari ketan kemudian di panggang dan setelah matang dimakan dengan menggunakan gula pasir.

3. Sale Anggur

Proses pembuatannya sama dengan membuat sale-sale pada umumnya. Namun sale anggur ini sangat unik karena dikemas persis bentuknya seperti buah anggur.

Akses Transportasi

Pacitan merupakan jalur alternatif lintas selatan, jadi Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika Anda menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan bus. Anda bisa naik bus Aneka Jaya rute Surabaya – Pacitan dengan harga Rp 55 ribu. Untuk rute Jakarta – Pacitan tarif bus Patas AC toilet Rp 200 ribu, sedangkan Patas AC Non Toilet Rp 190 ribu.

Itulah ulasan tentang wisata Pacitan, kuliner khas Pacitan, dan akses transportasi menuju Pacitan. Tunggu apalagi, ajak teman-teman Anda untuk backpacker menikmati keindahan alam Pacitan. (vpd)

Share This Article