Yang Perlu Dicatat Saat Mau Liburan ke Manado | Breaktime
Yang Perlu Dicatat Saat Mau Liburan ke Manado
10.07.2016

Hai, B’timers! Mau liburan ke Manado? Sudah tahu infromasi lengkap dan menarik sebelum Anda berlibur ke ibu kota provinsi Sulawesi Utara ini? No clueless, ya! Simak Informasinya di bawah ini,  ya!

Mengenal Kota Manado

Tahukah B’timers bahwa Manado yang juga dikenal sebagai kembaran kota General Santos di Filipina? Kota yang berpenduduk lebih dari 500.000 jiwa ini dikenal juga sebagai kota seribu gereja. Di Manado wisatawan akan melihat gereja di hampir setiap ratusan meter, khususnya jika mengarah ke Tomohon atau Tondano.

Yang Perlu Dicatat Saat Mau Liburan ke Manado | Breaktime
Kota General Santos, Filipina

Sulawesi Utara sendiri memiliki beberapa kabupaten yang terdiri dari kota Manado (seluas 157 km²), kota Tomohon, kota Bitung (kota kembar dari Davao di Filipina), Minahasa Utara, Minahasa Tengah (kota kembar dari Rhode Island AS), Minahasa Selatan, dan sebagainya. Total populasi di Sulawesi Utara mencapai lebih dari 2,2 juta jiwa.

Aktivitas yang bisa dilakukan

Menuruni daerah pegunungan menuju teluk Manado, di sana terdapat taman laut terkenal, yang juga merupakan taman laut terbaik dunia, Bunaken, Sulawesi Utara. Seperti masyarakat Indonesia kebanyakan, orang umumnya mengenal Manado atau Minahasa hanya karena Bunaken atau Selat Lembeh. Di situs ini, Anda akan melihat bahwa ternyata Manado atau Minahasa juga memiliki banyak obyek wisata lainnya.

Yang Perlu Dicatat Saat Mau Liburan ke Manado | Breaktime
Keindahan bawah lautnya luar biasa

Makanan dan Kuliner

Makanan suku Minahasa berbeda dengan makanan orang-orang di bagian barat Indonesia. Orang Minahasa dapat dikatakan memakan hampir semua jenis hewan dan juga suka dengan makanan yang sangat pedas dan berbumbu tajam. Ada lelucon terkenal di antara suku Minahasa sendiri, yaitu “semua yang berkaki bisa dimakan, kecuali kaki meja dan kaki manusia!”. Wah!

Satu lagi, B’timers. Hingga saat ini masyarakat Minahasa masih suka berkumpul dengan mengadakan pesta ataupun pengucapan syukur, yang mana hal ini dianggap sebagai pengaruh dari kebudayaan Spanyol dan Portugis. Hari pengucapan syukur biasanya diselenggarakan sekali setahun di sekitar bulan Juli dan Agustus (setiap hari Minggu) secara bergilir dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Ini adalah saat di mana pengunjung bisa menikmati hidangan makanan tanpa dipungut biaya!

Jadi, sudah siap meluncur ke Manado? Selamat berlibur, ya! (nap)

Share This Article