Wisata Tambang di Watu Giring Semanu Yogyakarta | Breaktime
Wisata Tambang di Watu Giring Semanu Yogyakarta
08.11.2016

Saat Anda mendengar kata “Yogyakarta” tentu Anda dengan segera menghubungkannya dengan Malioboro atau Candi Borobudur, bukan? Kedua tempat wisata tersebut memang telah menjadi ikon dari kota dengan gelar Daerah Istimewa ini. Akan tetapi, selain wisata belanja di Malioboro atau wisata sejarah di Candi Borobudur, terdapat tempat wisata lain yang berhak untuk mendapatkan sorotan berkat keunikannya, yaitu Watu Giring yang terletak di Kabupaten Semanu Yogyakarta.

Di tempat wisata ini, Anda akan dibuat terperangah dengan batuan kapur raksasa yang memiliki bentuk berundak-undak yang menyerupai punden berundak atau bangunan piramida bangsa Maya sehingga membuat Anda berpikir bahwa struktur batu tersebut adalah peninggalan purbakala. Akan tetapi, pada kenyataannya bebatuan kapur ini pada dulunya adalah bekas tempat penambangan batu kapur bertahun-tahun yang lalu. Para penambang batu tersebut memotong batu-batu kapur dengan bentuk memanjang yang menjadi asal muasal terbentuknya tingkatan pada batu-batu tersebut. 

Wisata Tambang di Watu Giring Semanu Yogyakarta | Breaktime
Lokasi ini cocok sekali untuk berfoto ria!

Terlepas dari statusnya sebagai bekas pertambangan, tempat tersebut sangat jauh dari kesan terpencil dan seram. Dimana-mana Anda akan melihat orang-orang mengambil foto untuk mengabadikan pemandangan dari puncak bebatuan kapur. Memang, salah satu hal yang menyebabkan tempat wisata ini menjadi primadona tidak hanya bentuk bebatuan kapur yang unik saja, tetapi juga komposisi pemandangan yang sangat indah antara elemen langit, bebatuan kapur, dan pepohonan serta semak belukar.

Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Alun-alun kota Wonosari ke arah Timur selama 3 kilometer menuju ke arah Kabupaten Semanu. Akses menuju tempat wisata tersebut juga sangat mudah dilalui oleh sepeda motor maupun mobil. Dan untuk harga tiket masuk, Anda hanya perlu memberikan uang masuk seikhlasnya, dan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp. 2.000,-. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE