Wisata Semarang Seru Selain Lawang Sewu | Breaktime
Wisata Semarang Seru Selain Lawang Sewu
08.10.2017

Jika mendengar kata ‘semarang’, apa yang langsung terlitas di benak Anda? Lawang Sewu? Lumpia semarang? Eits, Semarang tidak hanya punya itu saja, lho. Ada lagi tempat wisata Semarang yang keren-keren. Ini dia!

Kelenteng Sam Poo Kong. Kelenteng yang juga dikenal dengan sebutan Kuil Gedung Batu adalah kelenteng tertua yang ada di Semarang. Tepatnya berada di daerah Simongan. Kelenteng ini dibangun oleh Admiral Zheng He (atau yang B’Timers sering dengar yaitu Laksamana Cheng Ho) pada abad ke-15.

Kelenteng Sam Poo Kong berdiri di kompleks kelenteng seluas 3,2 hektar yang di dalamnya selain ada kelenteng tersebut, juga ada gua Sam Poo Kong, kelenteng Tho Tee Kong, kelenteng Juru Midi, kelenteng Kyai Jangkar, kelenteng Kyai Cundrik Bumi dan kelenteng Mbah Kyai Tumpeng. Selain itu, terdapat pula pagoda-pagoda yang berdiri megah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rencanakan Liburan ke Wisata Pulau Jawa Terunik

Tipsnya, Anda bisa berkunjung ke kompleks kelenteng ini pada bulan keenam kalendar bulan karena pada bulan tersebut, sebuah festival diadakan untuk memperingati datangnya Laksamana Cheng Ho ke Semarang. Untuk masuk ke dalam kompleks ini anda tidak perlu bayar mahal. Cukup dengan 15.000 rupiah, Anda sudah bisa berkeliling kompleks sepuas hati. 

Wisata Semarang Seru Selain Lawang Sewu | Breaktime
Kelenteng Sam Poo Kong (vacationbaliindonesia.com)

Brown Canyon. Bagi Anda yang penggemar fotografi, tempat ini tidak boleh dilewatkan begiut saja. Terletak di kawasan Rowosari Meteseh Tembalang, Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Sudah beroperasi selama 10 tahun, tempat wisata ini menawarkan pesona yang menakjubkan. Kurang lebih sama dengan green canyon yang ada di teluk Meksiko sana. Karena lokasinya yang cukup berdebu, Anda disarankan untuk memakai masker dan pelindung mata. Perpaduan padang pasir yang sudah keras, tebing, dan sedikit pepohonan dan juga semak-semak menambah eksotika Brown Canyon. Jadi, pastikan tenaga Anda sedang dalam kondisi prima ya, B’Timers.

Chinatown. Chinatown di Semarang berada di Pasar Semawis atau terkenal dengan Kampung Semawis adalah pasar yang buka di malam hari. Salah satu wisata Semarang ini menjajakan berbagai dagangan yang didominasi oleh kuliner khas Indonesia-China baik makanan maupun minumannya. Diresmikan pada tahun 2004 dan masih dalam rangka mengenang Laksamana Cheng Ho, pasar malam ini dipenuhi oleh pedangang-pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan layaknya pasar pada umumnya. Ada sate, nasi goreng, olahan sup dan mi. Ada juga makanan yang unik dan patut Anda coba ketika berkunjung kesini yakni Pisang Planet dan sudah pasti lumpia semarang. Pasar ini hanya buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dari jam 18.00 hingga 23.00 WIB.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Korea Jadi Solusi Liburan Murah Ke Luar Negeri

Praoe Lajar Factory. Bagi Anda yang suka dengan rokok kretek, pasti tau dengan merk rokok satu ini. Ya, pabriknya berada di Semarang dan sampai saat ini masih berproduksi dengan gaya bangunan khas kolonial-nya. By the way, rokok kretek sudah populer lho, sejak jaman kolonial dan pabrik ini termasuk dalam salah satu pabrik kretek tertua di Indonesia. Keren kan, B’Timers? pabrik ini berlokasi tidak jauh dari stasiun kereta Tawang dan Kota Tua. Cocok untuk Anda yang ingin flashback ke masa lampau.

Selanjutnya, berbelanja oleh-oleh khas semarang selain Semarang, Anda harus mengunjungi Kampung Batik yang terletak di Jalan Batik dekat Hotel Djelita. Uniknya batik di sini apa? Batik Semarangan. 

Wisata Semarang Seru Selain Lawang Sewu | Breaktime
Lukisan di Kampung Batik (detik.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Islandia, Negara Yang Wajib Didatangi di Eropa

Batik ini sempat hilang sejak berakhirnya penjajahan oleh Belanda dan bangkit lagi berkat pengrajin batik yang inisiatif sekaligus berjasa memproduksi batik ini hingga bisa dikenal lagi. Yang membedakan batik ini dengan batik lain adalah motifnya yang bersumber dari ikon-ikon kota seperti Mesjid Layur, Asem Arang, Lawang Sewu, dan Tugu Muda. Unik-unik, kan?

Itulah tempat wisata Semarang yang bisa Anda kunjungi selain Lawang Sewu. Tertarik mengunjunginya?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE