Wisata Pantai di Pantai Pok Tunggal Yang Unik | Breaktime
Wisata Pantai di Pantai Pok Tunggal Yang Unik
09.01.2017

B’Timers, ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta, tempat wisata pantai manakah yang menjadi destinasi Anda? Kebanyakan dari Anda mungkin dengan segera menjawab: Pantai Parangtritis. Well, pantai laut Selatan tersebut memang  sangat terkenal dan bisa dibilang Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon wisata dari kota Yogyakarta.

Eits, ternyata di Kota Gudeg masih terdapat banyak sekali pantai yang tidak kalah indahnya dengan Parangtritis. Salah satu dari permata tersembunyi tersebut adalah Pantai Pok Tunggal. Nah B’Timers, pernahkah Anda mendengar nama pantai tersebut?

Pantai Pok Tunggal adalah pantai yang terletak di Desa Tepus Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi pantai yang terletak kurang lebih 70 kilometer dari pusat kota ini, Anda membutuhkan waktu selama 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi dan 2,5 jam dengan kendaraan umum. 

Wisata Pantai di Pantai Pok Tunggal Yang Unik | Breaktime
Pantai ini spot sempurna untuk menyaksikan sunset!

Perjalanan selama 2 jam tentunya terasa melelahkan ya? Akan tetapi rasa lelah Anda akan sirna begitu saja ketika Anda memandang birunya Samudera Hindia lengkap dengan suara ombaknya yang bergemuruh. Anda dapat menikmati hijaunya tebing-tebing karang yang kokoh yang berjejer dan membentengi pantai tersebut.Bagi Anda yang ingin menghindari terik matahari, Anda dapat menyewa payung pantai yang disewakan oleh penduduk sekitar dengan harga Rp 20.000,-. Jika Anda ingin melakukan aktivitas camping di pinggir pantai, tersedia area camping dan juga penyewaan tenda. Untuk menyewa tenda, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 60.000,-.

 Di tepi pantai terdapat sebuah pohon Duras yang sangat rimbun. Dan ternyata, pohon tersebut adalah pohon yang menjadi ikon dari pantai ini. Bahkan nama dari pantai ini pun terilhami dari keberadaan pohon tersebut. Para penduduk setempat pun terlihat sangat menyayangi pohon Duras tersebut, dan bagi Anda yang bertangan jahil dan gemar mencorat-coret batang pohon atau menaiki pohon, Anda akan menerima teguran keras dari penduduk. Nah, kira-kira apa gerangan yang membuat pohon ini terlihat sakral bagi penduduk?

Ternyata, konon pohon tersebut sangat susah untuk tumbuh. Dan begitu pohon tersebut berhasil tumbuh besar, penduduk sekitar sangat bersuka-cita, bahkan menurut mereka pohon tersebut merupakan lambang dari kemakmuran penduduk. Pantas saja mereka sangat menjaga pohon itu, ya?

Nah, bagaimana B’Timers? Berminat? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE