Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno | Breaktime
Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno
18.08.2016

Kota Blitar yang terletak di bagian selatan Jawa Timur ternyata memiliki destinasi dan kuliner yang asyik, lho. Kota Blitar juga menjadi kota yang bersejarah, karena presiden Republik Indonesia, Bung Karno lahir dan dimakamkan di kota ini. Anda ingin tahu apa saja yang membuat kota Blitar menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Wisata

1.Makam Bung Karno

Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno | Breaktime
Salah satu sudut makam Bung Karno

Tempat wisata ini tidak hanya ada makam Bung Karno saja, tetapi Anda juga akan disuguhkan dengan perpustakaan dan museum. Jika Anda masuk ke perpustakaan, Anda bisa mengenal sosok Bung Karno lebih dalam dan di museumnya terdapat barang-barang milik Bung Karno.

2.Istana Gebang Blitar

Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno | Breaktime
Tempat Bung Karno menghabiskan masa kecilnya

Tempat ini berjarak sekitar 2 km dari makam Bung Karno. Merupakan rumah orang tua Bung Karno dan tempat beliau menghabiskan masa kecilnya.

3.Candi Penataran

Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno | Breaktime
Salah satu sudut Candi Penataran

Komplek candi yang berlatar belakang Hindu dan sudah ada sejak masa kerajaan Kediri. Merupakan saksi jejak-jejak masa lalu kota Blitar dan terletak di lereng barat daya Gunung Kelud.

4.Gua Luweng

Wisata Kota Blitar, Tanah Kelahiran Bung Karno | Breaktime
Pesona Gua Luweng yang tersembunyi

Terletak di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, tempat ini membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam perjalanan dari pusat kota Blitar.

Kuliner

Rasanya setiap kota di Indonesia tidak hanya memiliki destinasi wisata yang mempesona, tetapi juga kuliner yang menggoyang lidah. Kota Blitar pun memiliki tempat-tempat kuliner yang wajib dicoba, antara lain Ayam Bakar Bu Mamik, Soto Daging Bok Ireng, Warung Pecel Mbok Bari 6, dan Soto Babat Mardi Waluyo.

Akses menuju Blitar

Akses menuju kota Blitar sangat mudah kok. Untuk Anda yang berasal dari luar kota bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Sedangkan untuk menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan bus atau kereta api. Kota Blitar juga bisa diakses melewati jalur udara dengan pesawat terbang. Namun Anda harus menuju bandara Juanda, Surabaya dan kemudian melanjutkan menggunakan jalur darat. Untuk harga tiket transportasi umum relatif, sesuai dengan kota Anda berasal.

Yup, itulah informasi tentang wisata, kuliner, dan akses untuk Anda berlibur ke Blitar. Anda tertarik untuk pergi kesana? Ajak teman atau keluarga untuk wisata sejarah dan mencicipi kuliner lezat di Blitar. (vpd)

Share This Article