Wisata Kasodo Bromo, Daya Tarik dari Jawa Timur | Breaktime
Wisata Kasodo Bromo, Daya Tarik dari Jawa Timur
01.08.2016

Sudah pernah melihat langsung prosesi upacara adat Kasodo Bromo, B’timers? Ya, upacara adat milik Suku Tengger Bromo ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam negeri, melainkan juga turis dari luar. Prosesinya yang unik, menjadikan ritual keagamaan ini menarik, B’timers. Tidak hanya menawarkan keunikan dari upacara tradisional, ada pelajaran filosofi yang tersaji di dalamnya.

Wisata Kasodo Bromo, Daya Tarik dari Jawa Timur | Breaktime
Iring-iringan ini yang menarik wisatawan

Ritual menarik nan unik di puncak Bromo

Tahun 2016, tepatnya pada tanggal 20 – 21 Juli kemarin, ribuan wisatawan memadati Bromo. Selain untuk menikmati pesona matahari terbitnya, ada yang spesial, B’timers. Karena diadakannya ritual keagamaan yang ditunggu-tunggu. Ya, Yadna Kasada Bromo atau Kasodo memang selalu digelar setiap bulan Kasada pada hari ke-14 dalam penanggalan tradisional Hindu Tengger.

Yadna Kasada Bromo sebenarnya telah digelar sejak zaman Kerajaan Majapahit, lho. Jadi ini bukan hanya tradisi yang baru seumur jagung saja, B’timers. Suku Tengger sendiri menganggap Gunung Bromo sebagai tempat suci. Jika Anda ingin menyaksikan prosesi ritual yang penuh makna ini, wajib datang sehari sebelumnya. Karena upacara digelar tepat tengah malam hingga dini hari.

Wisata Kasodo Bromo, Daya Tarik dari Jawa Timur | Breaktime
Setelah menyaksikan ritual, saatnya ber-selfie!

Trip untuk ikut wisata Kasodo Bromo

Meskipun merupakan upacara agama Hindu, namun upacara ini terbuka untuk umum. Jadi bagi Anda yang tertarik dengan perpaduan pemandangan mempesona khas Bromo dengan iring-iringan ritual Kasodo, tidak ada larangan, B’timers. Dan untuk memudahkan wisatawan yang ingin menyaksikannya secara langsung ada banyak paket wisata yang ditawarkan masing-masing agen wisata.

Anda bisa berangkat melalui Probolinggo, Pasuruan, Lumajang atau Malang. Tapi sebagian besar wisatawan lebih memilih melalui Probolinggo, B’timers. Usahakan untuk mem-booking penginapan jauh sebelum acara, ya? Ini untuk menghindari Anda kehabisan penginapan. Upacara unik ini berlangsung hingga pukul 3:30. Jadi Anda bisa langsung menuju penanjakan untuk menikmati keindahan sunrise.

Bersabar jika ingin menyaksikan upacara Kasodo tahun depan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article