Wisata Jelajah Alam di Lokasi Pulau Komodo | Breaktime
Wisata Jelajah Alam di Lokasi Pulau Komodo
01.11.2017

Lokasi Pulau Komodo termasuk ke dalam gugusan pulau besar di Taman Nasional Komodo, selain Pulau Rinca dan Pulau Padar serta berbagai pulau kecil lainnya. Dengan luas total 1.817 km2 dan wilayah darat seluas 603 km2. Taman nasional yang telah didirikan sejak tahun 1980 ini tak hanya melindungi komodo, namun juga 25 spesies hewan lainnya yang memiliki jumlah dan persebaran terbatas, belum lagi ribuan spesies terumbu karang dan ikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata bahari di kawasan Pulau Komodo.

Gugusan pulau di taman nasional sejatinya merupakan pulau vulkanis. Sejak tahun 1990, kawasan yang dihuni sekitar 4.000 penduduk ini didapuk sebagai salah satu SItus Warisan Dunia UNESCO. Popularitas wisata di kawasan Pulau Komodo meningkat sejak terpilih sebagai pemenang New Seven Wonders. Tak hanya wisatawan domestik, pesona alam kawasan Pulau Komodo kini telah tersohor ke seantero dunia berkat gelar yang baru disandangnya sejak tahun 2011 tersebut. Kawasan Taman Nasional Komodo tak hanya menyimpan keanekaragaman hayati tapi juga berbagai destinasi wisata favorit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hemat Biaya! Ini Tips Menginap Murah di Nusa Dua

Pantai Pink atau yang juga dikenal sebagai Pink Beach oleh para wisatawan mancanegara merupakan salah satu destinasi wisata pantai idaman yang terletak di lokasi Pulau Komodo. Pantai unik yang satu ini sesuai namanya memiliki hamparan pasir berwarna merah muda yang konon berasal dari karang berwarna pink di sekitar bibir pantai. Gugusan karang yang terkena ombak tersebut kemudian menghasilkan buih yang terbawa arus hingga ke daratan bercampur dengan pasir pantai dan menghasilkan hamparan warna merah jambu nan elok. 

Wisata Jelajah Alam di Lokasi Pulau Komodo | Breaktime
Pink Beach yang hanya bisa Nada temukan keindahannya di Pulau Komodo

Tak hanya menikmati panorama alam yang masih terjaga keasliannya di kawasan Pulau Komodo, B’timers juga bisa melihat langsung aktivitas keseharian warga asli Pulau Komodo. Terletak di bagian terluar Kabupaten Manggarai Barat dan dihuni oleh lebih dari 1.700 orang, Desa Komodo menawarkan berbagai kegiatan menarik para warga seperti membuat patung komodo yang nantinya akan dijual sebagai cinderamata khas Pulau Komodo. Konon, warga asli Desa Komodo memiliki kemampuan khusus untuk bercengkerama dengan para komodo.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksplor Alamnya Yang Cantik Paket Wisata Malang

Sebagai salah satu daerah wisata utama di Pulau Komodo, Loh Liang menawarkan berbagai aktivitas seru untuk mengisi liburan Anda seperti pengamatan satwa komodo, rusa, babi hutan, maupun burung, serta melakukan pendakian dan penjelajahan di kawasan perbukitan di sekitarnya. banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Loh Liang kini cukup terbantu dengan berbagai fasilitas berlibur seperti pondok wisata, pusat informasi, kafetaria, dermaga, hingga jalan raya dan akses transportasi menuju berbagai destinasi wisata terdekat.

Berwisata di lokasi Pulau Komodo tentunya belumlah lengkap tanpa singgah di Labuan Bajo. Kota pelabuhan yang juga menjadi akses ke Pulau Komodo melalui jalur penerbangan ini tak hanya menawarkan berbagai fasilitas liburan lengkap tapi juga kota wisata tersohor dengan keelokan alam dan berbagai pusat kuliner setempat. Tak hanya wisata pantai dan pelabuhan, Labuan Bajo juga menyimpan destinasi wisata berupa dataran tinggi yang dijuluki Bukit Cinta. Terletak sekitar 5 menit berkendar dari pusat kota, Bukit Cinta menawarkan spot terbaik untuk menikmati sunset view bersama orang terkasih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Biaya Paket Wisata Bandung Kelas Atas!

Cunca Wulang, sebaliknya, merupakan destinasi wisata air terjun yang terletak agak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, yakni sekitar 2 jam perjalanan mobil yang dilanjutkan dengan trekking. Perjalanan jauh yang harus B’timers tempuh tentunya sepadan dengan keelokan topografi air terjun, tebing setinggi 5 meter, dan telaga alami di Cunca Wulang yang menyerupai Grand Canyon di Pangandaran. Dari berbagai destinasi wisata memesona tersebut, B’timers masih perlu alasan apa lagi untuk berlibur ke kawasan Taman Nasional Pulau Komodo? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE