Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India
03.12.2016

Apa yang terlintas di pikiran B'timers saat mendengar kata India? Taj Mahal, Bollywood, Shah Rukh Khan? Lebih dari itu, India memiliki keunikan sejarah dan budaya yang menarik untuk dieksplor.

India sangat luas. Tiap kota, daerah, atau wilayah di penduduk terbanyak ketiga di dunia ini memiliki keunikan tersendiri. Agra dengan Taj Mahal-nya, Jaipur dengan Amber Fort-nya, atau New Delhi dengan Humayun Tomb-nya.

Meskipun belum banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke India, namun tak ada salahnya B'timers menjadikan negara ini sebagai destinasi berikutnya, terutama bagi penggemar petualangan, wisata seni, dan sejarah.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan apabila B'timers berencana traveling ke India.

Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Bekas istana Kerajaan Rajashtan di tengah danau di Jaipur

1. Visa

Wisatawan Indonesia harus menggunakan e-visa apabila berkunjung ke India, dengan lama kunjungan selama 30 hari. Proses apply e-visa bisa dilakukan secara online dengan biaya sekitar USD 35.

2. Mata Uang

India menggunakan mata uang Rupee, dengan kurs 1 Rupee sekitar Rp 200,- (Oktober 2016). Bawalah uang tunai Rupee secukupnya saat berangkat. B'timers juga bisa melakukan tarik tunai di ATM India. Pada November 2016, pemerintah India menarik lembaran 1000 dan 500 Rupee dan menggantinya dengan lembaran 2000 Rupee yang baru.

3. Transportasi

Tuk-tuk adalah transportasi paling murah di dalam kota. Untuk transportasi antar kota, kereta api adalah pilihan transportasi massal pilihan warga India. Booking tiket kereta secara online untuk menghindari antrean di stasiun. Pilih gerbong AC atau Sleeper Two Tier agar lebih nyaman. Pada 20 November 2016, kecelakaan kereta  di wilayah Uttar Pradesh menewaskan lebih dari 140 orang. Sistem keamanan dan sanitasi di kereta api India masih tertinggal dari negara kita.

Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Berada di belakang sopir tuk-tuk saat menjelajah kota-kota di India

4. Akomodasi

Hotel-hotel berbintang banyak kita temui di India, terutama kota-kota tujuan utama wisatawan seperti Agra, Jaipur, Mumbai, atau Goa. Untuk menghemat biaya, B'timers juga bisa menginap di homestay atau hostel.

5. Bahasa

Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi kedua di India, jadi tidak perlu khawatir dengan bahasa karena hampir di semua tempat kita bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Serunya festival Holi di India

6. Budaya

India merupakan negara yang masih memegang teguh budaya dan ritual keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu festival budaya paling terkenal adalah Holi di Mumbai. B'timers bisa berkumpul dan merayakan festival ini dengan warga lokal, seperti dalam video klip Coldplay yang berjudul Hymn For The Weekend.

7. Kuliner

Makanan India terkenal dengan aroma rempah dan curry, termasuk daging kambing dan nasi briyani. Umumnya tiap restoran atau rumah makan di India menyajikan menu vegetarian dan non vegetarian. Wisatawan Muslim tak perlu khawatir karena sangat mudah menemukan restoran halal food di tempat-tempat wisata di India.

Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Ada banyak air minum gratis di India, tapi tidak terjamin kebersihannya

8. Sanitasi

Ini adalah masalah utama saat traveling ke India. Sanitasi di negara kita masih jauh lebih bagus dibandingkan dengan beberapa wilayah di India. Satu catatan penting, jangan pernah mengkonsumsi air mineral dari water tap yang ada di area publik seperti stasiun, mall, atau terminal. Sebaiknya beli air mineral dalam kemasan yang lebih higienis dan bersih.

9. Sosial

Dengan masih berlakunya sistem kasta, tak heran apabila perbedaan sosial di India sangat jelas terlihat. Kaum tuna wisma tiduran di lantai stasiun, mall, atau tempat umum lainnya sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Tetap waspada dengan situasi dan orang-orang di sekitar menjadi kunci rasa aman di tiap perjalanan, termasuk di India.

Wajib Tahu 10 Fakta Ini Sebelum Liburan ke India | Breaktime
Dengan keindahan dan keunikan budaya, India tetap menarik untuk dijelajah

10. Keamanan

Sejumlah konflik masih terjadi di India, terutama dengan Pakistan dan wilayah Kashmir. Tak heran, di tiap tempat umum atau stasiun kereta, tas dan barang-barang kita akan dicek oleh petugas, termasuk dengan sinar x-ray seperti di bandara.

Terdengar sedikit menakutkan? Tidak juga. Secara umum India sangat aman untuk dikunjungi, bahkan oleh wanita solo traveler. Tetap aware dan waspada adalah kunci utama agar perjalanan di India tetap lancar dan menyenangkan. Incredible India! (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE