Traveling Hemat & Tak Terlupakan Ke Pulo Aceh | Breaktime
Traveling Hemat & Tak Terlupakan Ke Pulo Aceh
27.02.2017

Setelah tahu apa saja yang ada di Pulo Aceh dan apa saja yang bisa dilakukan di Pulo Aceh, kini saatnya Breaktime akan membantu B’timers untuk melakukan rencana perjalanan. Anda bisa mempersiapkan budget untuk liburan santai dan menyenangkan ke Aceh.

Pulo Nasi dan Pulo Breueh jadi dua pulau besar yang wajib banget untuk dikunjungi. Tetapi, for your information, pada saat tsunami tahun 2004, Pulo Breueh jadi salah satu pulau di Aceh yang mengalami kerusakan paling parah. Tetapi, saat ini semua itu sudah menjadi masa lalu. Pulo Breueh tumbuh menjadi pulau dengan keindahan menakjubkan.

Untuk menuju ke Pulo Aceh hanya terdapat transportasi laut dengan menggunakan boat. Perahu yang digunakan pun adalah perahu nelayan pengangkut barang dan ikan. Hanya saja perahu ini tidak berlayar pada hari Jumat. Boat berangkat dari Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh pada pukul 14.00 WIB. Nah, setelah itu Anda akan menempuh perjalanan laut selama 2 jam. 

Traveling Hemat & Tak Terlupakan Ke Pulo Aceh | Breaktime
Dermaga Meulingge (Photo by Google)

Namun, tetap saja Anda bisa memilih boat. Perbedaannya adalah tempat pemeberhentian. Ada tiga tempat pemberhentian yang bisa Anda pilih yaitu Desa Gugop, Lampuyang, dan Desa Meulingge. Tetapi kalau Anda ingin memulai petualangan ke Pulo Breueh, sebaiknya memilih Desa Gugop sebagai pemberhentian. Di desa ini fasilitasnya sudah sangat memadai.

Hanya terdapat satu boat setiap hari secara bergantian, yaitu KM Satria Baru atau KM Jasa Bunda. Selalu berangkat pukul 8 pagi. Untuk biayanya, sekali jalan hanya perlu Rp 15 ribu. Kalau Anda membawa motor sendiri, harus menambah biaya sebesar Rp 15 ribu. Untuk kuli angkat dan biaya menurunkan motor juga masing-masing menambah biaya sebesar Rp 15 ribu.

Kalau di Pulo Breueh tidak terdapat transportasi umum. Lalu bagaimana solusinya? Inilah istimewanya Pulo Aceh, Anda tak hanya menikmati wisata yang luar biasa tetapi juga bisa lebih dekat dengan warga lokal. Kalau ingin berkeliling Pulo Breueh, Anda bisa meminta tolong pada warga lokal untuk mengantar Anda menjelajah sekeliling pulau.

Tenang saja, itu di tahun 2012 B’timers. Saat ini, sudah terdapat tempat-tempat penyewaan motor dan juga akomodasi penginapan yang lengkap. Ini karena usaha pemerintah daerah yang ingin mengembangkan potensi wisata di Pulo Aceh.

Traveling Hemat & Tak Terlupakan Ke Pulo Aceh | Breaktime
Akomodasi penginapan juga sudah lengkap (Photo by Google)

Tetapi, kalau bisa saat pergi ke Pulo Aceh, Anda sebaiknya membawa banyak uang cash. Ini karena masih kurangnya fasilitas ATM dan Bank. Restoran atau warung-warung makan juga sudah mulai dibangun demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Pulo Aceh.

Bahkan yang dulunya pulau ini tidak memiliki jaringan sinyal. Kini semua sudah ada, tetapi mungkin hanya untuk beberapa provider saja seperti Telkomsel dan Indosat. Jadi sementara kalau mau pergi ke Pulo Aceh pakai salah satu di antara dua provider tersebut, ya, B’timers.

Pasti Anda mulai tergiur ingin segera liburan ke Pulo Aceh di kawasan Kabupaten Aceh Besar, kan? Siapkan segala rencana perjalanan Anda dengan matang untuk liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE