Travel Tips & Guide untuk Wisata ke Tana Toraja | Breaktime
Travel Tips dan Guide untuk Wisata ke Tana Toraja
30.06.2016

B’timers tentu sudah tak asing dengan wisata Tana Toraja yang kaya akan budaya. Terletak di Sulawesi bagian Selatan, Tana Toraja berada sekitar 328 km arah utara Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Di sini, mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen, dan masih banyak yang menganut kepercayaan animisme.

Tana Toraja juga dikenal lewat ritualnya menyimpan jasad hingga bertahun-tahun, sementara uang pemakaman disimpan untuk nantinya diadakan upacara pemakaman yang sebenarnya. Wah, belum pernah ke Tana Toraja dan penasaran ingin ke sana? Ini tips dan guide untuk Anda.

Akomodasi

Untuk turis baik asing maupun lokal, tempat menginap terbaik adalah di Rantepao yang merupakan kota terbesar, juga paling banyak terdapat pilihan hotel dan guest house. Pilihan lainnya adalah Makale yang merupakan ibukota, namun tak ada banyak hotel di sini.

Sebelum wisata ke Tana Toraja, Anda juga bisa melakukan booking hotel lebih dulu secara online, namun penginapan paling murah biasanya tak tercantum di website. Jadi, sebaiknya Anda melihat-lihat langsung setibanya di sana dan memilih tempat menginap sesuai budget yang dimiliki.

Travel Tips & Guide untuk Wisata ke Tana Toraja | Breaktime
Tampang Allo, kuburan tempat menyimpan jasad dengan boneka kayu di sampingnya

Makanan dan kafe

Ada dua pilihan terbaik untuk kuliner di sana, yakni Café Aras yang terletak di Jalan Andi Mappanyukki 64 Rantepao, juga tersedia wifi di sini. Selain itu ada juga Rikiko Restaurant terletak di area yang sama, yaitu di Jalan Andi Mappanyukki 115 Rantepao.

Pergi ke Tana Toraja

  • Naik bis

Jika ingin naik bis, ada banyak bis beroperasi dengan rute dari Makassar ke Toraja. Normalnya, perjalanan dari Makassar ke Toraja memakan waktu selama 8 jam, dan 9 jam ke Rantepao. Ada pilihan bis Execuvite atau VIP yang sangat nyaman, dengan tempat duduk luas dan banyak ruang untuk kaki. Salah satunya adalah bis Manggala Trans dengan tarif tiket Rp 130 ribu.

  • Naik pesawat

Pongtiku adalah nama bandara kecil yang melayani penerbangan ke dan dari area Tana Toraja. Anda bisa mengecek lewat website booking tiket pesawat untuk memastikan pesawat yang terbang ke sana dan kapan jadwal keberangkatannya.

Nah, sebelum berangkat ke sana Anda juga perlu menyiapkan budget yang diperlukan dan jangan lupa bawa semua perlengkapan seperti obat-obatan agar tak ada yang tertinggal saat dibutuhkan di perjalanan. Semoga perjalanan B’timers wisata ke Tana Toraja menyenangkan, ya! (md)

Share This Article

Tagging: