Travel Guide ke Goa Gong, Goa Terindah Se-Asia | Breaktime
Travel Guide ke Goa Gong, Goa Terindah Se-Asia
11.09.2016

Siapa tak kenal Kabupaten Pacitan, B’timers? Ya, wilayah yang terletak di ujung barat daya Jawa Timur ini memiliki keindahan yang mampu menarik wisatawan untuk datang. Bahkan salah satu destinasinya, yaitu Goa Gong, tercatat sebagai goa paling indah di Asia Tenggara, lho. Nah, untuk Anda yang ingin ke Goa Gong saat liburan nanti, intip travel guidenya berikut, yuk, B’timers!

Travel Guide ke Goa Gong, Goa Terindah Se-Asia | Breaktime
Jika dipukul terdengar suara gong bersahutan

Transportasi ke Goa Gong di Pacitan

Anda bisa menggunakan transportasi darat untuk menuju Pacitan, B’timers. Karena sejak tahun 2014, akses jalannya sudah sangat baik. Ada beberapa jalur yang bisa dipilih jika ingin ke Pacitan. Yaitu melalui akses jalan timur, dari Ponorogo dan Madiun. Selain itu bisa juga menggunakan akses jalan barat dari arah Jawa Tengah.

Untuk armada yang melayani perjalanan menuju Pacitan tersedia bus patas AC dari Surabaya, B’timers. Namun dalam sehari hanya ada tiga kali pemberangkatan dari dan menuju Pacitan. Selain bus ada juga travel yang melayani perjalanan dua kali dalam sehari. Nah, jika Anda menggunakan transportasi umum ke Pacitan, sediakan anggaran sebanyak Rp 50 hingga Rp 75 ribu untuk bus.

Travel Guide ke Goa Gong, Goa Terindah Se-Asia | Breaktime
Selain Goa Gong, ada pantai yang tak kalah indah

Goa Gong Pacitan yang penuh keunikan

Nah, goa yang memiliki kedalaman sepanjang 256 meter ini memiliki stalakmit dan stalaktit yang sudah berumur ratusan tahun, lho, B’timers. Dan oleh masyarakat lokal, nama goa ini karena bunyi-bunyian yang dihasilkan ketika stalaktit atau stalakmitnya dipukul, B’timers. Karena saat itu Anda akan terdengar suara seperti gong yang ditabuh. Sangat indah dan begitu harmonis.

Setelah melakukan perjalanan dari pusat kota ke Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Anda akan sampai di Goa Gong, Pacitan, B’timers. Untuk masuk ke destinasi yang keindahannya tidak diragukan lagi, Anda hanya perlu mengeluarkan uang tak lebih dari Rp 10 ribu untuk tiket masuk, kok. Tidak terlalu mahal untuk mendapatkan keindahan yang tidak bisa dilukiskan ini, kan, B’timers?

So, kapan Anda akan menjelajah destinasi indah ini, B’timers? (NO)

Share This Article