Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu | Breaktime
Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu
16.05.2015

Gunung Kinabalu yang terletak di Sabah, negara bagian Malaysia, merupakan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara dan paling banyak dikunjungi pendaki dari berbagai penjuru dunia.

Puncak Gunung Kinabalu, Low's Peak, berada di ketinggian 4.095 mdpl, lebih tinggi dari puncak gunung Semeru, Rinjani, dan Kerinci yang sudah lebih dulu akrab di kalangan pendaki Nusantara.

Tidak sulit menuju Kota Kinabalu, kota terdekat yang memiliki bandara internasional sebagai akses masuk wisatawan asing maupun domestik yang akan mendaki Gunung Kinabalu. Kota Kinabalu juga makin ramai dengan wisatawan Asia, terlebih dengan adanya penerbangan langsung tiap hari dari Kuala Lumpur, Guangzhou, Hongkong, dan Manila.

Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu

Transportasi

Untuk menuju Gunung Kinabalu, tentunya kita harus terbang dulu menuju Kota Kinabalu. Terdapat penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta menuju Kota Kinabalu yang ditempuh selama dua jam lebih empat puluh lima menit dengan tarif bawah mulai dari Rp 550 ribu.

Begitu tiba di Kota Kinabalu International Airport (KKIA), terdapat banyak jasa tour dan sewa mobil yang akan mengantar kita ke pusat kota Kinabalu atau langsung menuju Kinabalu Park, lokasi checkpoint terakhir sebelum pendakian. Tapi ada alternatif lain bila kita ingin menghemat beberapa lembar Ringgit.

Dari Kinabalu Airport Menuju Kota Kinabalu

Tersedia shuttle bus dari airport menuju pusat kota Kinabalu (orang menyebutnya Bandaraya). Shuttle bus terdapat di Terminal 1 dan Terminal 2 dengan tarif RM5 dewasa dan RM3 anak-anak. Bis ini akan berhenti di Centre Point, Horizon Hotel, dan Padang Merdeka. Shuttle bus beroperasi dari jam 8 pagi sampai 7 malam. Lewat jam tersebut, kita bisa memakai jasa taksi dengan tarif RM30. Bila pesawat kita landing pada tengah malam, biaya taksi naik menjadi RM45.

Dari Kota Kinabalu menuju Kinabalu Park

Minibus menuju Kinabalu Park bisa kita dapatkan di Padang Merdeka. Usahakan berangkat pagi karena minibus ini akan menunggu penuh sebelum berangkat. Tiap orang dikenakan biaya RM20. Bila ingin cepat, kita bisa mencari sewa mobil (orang Kinabalu menyebutnya Kereta Sewa) dengan biaya RM150 sampai RM200 per mobil. Perjalanan dari Kota Kinabalu menuju Kinabalu Park ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam.

Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu

Tiba di Kinabalu Park

Setelah tiba di Kinabalu Park, kita bisa langsung check in sesuai dengan paket pendakian yang kita booking secara online. Perlu dicatat, tidak sembarang orang bisa datang dan mendaki gunung di Kinabalu. Kita harus melakukan registrasi dan booking terlebih dulu sebelum tiba di lokasi ini. Saat peak season, antrian booking bisa mencapai tiga sampai enam bulan.

Kembali dari Kinabalu Park menuju Kota Kinabalu

Usai mendaki, kita bisa langsung naik minibus sejenis dari gerbang Kinabalu Park menuju Kota Kinabalu. Namun bila kita sampai di Kinabalu Park di atas jam 4 sore, kita akan kesulitan mendapatkan minibus menuju Kota Kinabalu. Alternatifnya, kita harus naik kereta sewa dengan tarif RM150 sampai RM200 per mobil, tergantung negosiasi.

Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu

Penginapan

Sebelum menuju Kinabalu Park, kita bisa menghabiskan sehari atau dua hari di Kota Kinabalu untuk menikmati suasana kota pelabuhan yang tak terlalu ramai tapi cukup bersih dan rapi ini. Ada beberapa tourist attraction seperti Jesselton Point, Sabah Muzium, Atkinson Tower, dan Seafood Market. Pusat penginapan untuk backpacker terdapat di sekitar Jalan Gaya. Penginapan dormitory yang bisa kita pilih di antaranya adalah Lucy's Homestay, Borneo Backpacker, Lavender Lodge, atau Sensi Backpackers Hostel  dengan harga di kisaran RM25 sampai RM40 per malam.

Bila ingin lebih nyaman, terdapat banyak pilihan hotel berbintang seperti Hyatt Regency Kinabalu, Le Meridien Kota Kinabalu, Jesselton Hotel, Sutera Harbour Resort, hingga Best Western Kinabalu dan Tune Hotel Kinabalu. Lokasi antar hotel ini cukup dekat dengan Jalan Gaya dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sambil menikmati sunset di tepi pantai Kota Kinabalu.

Transportasi, Akomodasi, dan Paket Pendakian Menuju Gunung Kinabalu

Paket Perjalanan di Kinabalu Park

Entah menginap terlebih dulu di Kota Kinabalu atau langsung ke Kinabalu Park, kita harus sudah booking paket perjalanan atau pendakian di Kinabalu Park jauh hari sebelumnya. Tiket masuk Kinabalu Park adalah RM3 untuk warga Malaysia dan RM15 untuk non Malaysia. Di sini kita bisa langsung check-in sesuai dengan paket yang telah kita pesan secara online. Ada tiga rekomendasi paket yaitu Sutera Sanctuary Lodges, Amazing Borneo, dan Jungle Jack Backpacker. Dua nama pertama adalah yang paling banyak diminati wisatawan domestik maupun asing yang mendaki Gunung Kinabalu.

Share This Article