Tips Rencanakan Liburan on Budget untuk Traveler | Breaktime
Tips Rencanakan Liburan Budget untuk Traveler
12.04.2016

Apakah Anda merencanakan liburan di Paris atau Amerika untuk musim panas tahun ini, B’timers? Anda tentunya tidak ingin mencemaskan uang simpanan di rekening saat berjalan-jalan di sepanjang Sungai Seine, kan? Liburan memang layak untuk setiap orang, namun jangan jadikan uang halangan Anda mendapatkan liburan menyenangkan, B’timers. Berikut tips rencanakan liburan on budget untuk Anda!

Mulai rencana awal – dengan dana di pikiran

Kunci dari tabungan untuk liburan Anda adalah, perencanaan dan menabung. Setidaknya dari 8 persen dari total pendapatan, bisa Anda sisihkan untuk traveling. Jika hobi Anda berwisata, naikkan anggaran liburan, B’timers. Ketika merencanakan liburan, setidaknya Anda juga perlu memikirkan, destinasi wisata, transportasi yang akan digunakan untuk ke sana, dan apa yang akan dilakukan saat sampai di kota tujuan wisata.

Tips Rencanakan Liburan on Budget untuk Traveler | Breaktime
Tentukan tujuan wisata sebelum menyisihkan anggaran

Sisihkan anggaran untuk keperluan harian

Tetapkan juga anggaran yang akan Anda perlukan untuk keperluan sehari-hari selama liburan. Misalnya makan dan minum, kegiatan hingga dana untuk membeli souvenir. Dari rencana anggaran harian, tambahkan sebesar 10 sampai 15 persen sebagai simpanan untuk keadaan darurat atau biaya tak terduga lainnya selama liburan, B’timers. Pertimbangkan juga pecahan dalam kurs tempat yang akan Anda kunjungi.

Jadilah ahli keuangan

Anda akan mendapatkan keuntungan jika menukarkan uang di tempat tujuan, bukan di kota asal. Bank asing biasanya memiliki nilai tukar yang lebih rendah dari tempat penukaran komersial. Tukarkan sejumlah total uang yang akan Anda gunakan berdasarkan rencana anggaran. Pastikan juga sebelum keberangkatan, mencari tahu apakah bank Anda akan menarik biaya tambahan jika ada transaksi di luar negeri. Hubungi juga perusahaan kartu kredit Anda, B’timers. Ini merupakan tips rencanakan liburan on budget yang jitu.

Tips Rencanakan Liburan on Budget untuk Traveler | Breaktime
Jangan lupa menukarkan uang dengan kurs destinasi Anda

Anda bukan Santa, bukan pula Paman Gober!

Siapapun pasti akan tergoda untuk mengambil sejumlah souvenir untuk teman-teman dan keluarga setiap kali melewati toko. Tapi, bukan berarti Anda harus menghabiskan dana hanya untuk tas mewah dari kulit, kan, B’timers? Nah, karena itu sebaiknya sebelum berangkat buatlah daftar siapa saja yang akan Anda berikan oleh-oleh. Dan cari toko dengan koleksi lengkap yang mneyediakan semua barang dalam daftar Anda.

Pilih makanan seperti orang lokal

Restoran di hotel biasanya memiliki menu dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan restoran di daerah sekitarnya. Percayalah, Anda tidak akan mungkin menghabiskan ratusan ribu hanya untuk sekali makan. Mintalah rekomendasi café murah atau toko sandwich di dekat Anda. Dan makanan lokal merupakan pilihan bagus untuk berhemat dan mencicipi kuliner mereka. Dan belilah produk segar di pasar lokal untuk makan siang.

Tips Rencanakan Liburan on Budget untuk Traveler | Breaktime
Roti isi untuk makan siang sudah mengenyangkan

Dan, ini adalah liburan, B’timers! Anda tidak perlu membeli banyak barang hanya untuk bukti Anda sudah pernah ke negara tersebut. Bersama arahan tips rencanakan liburan on budget a la Breaktime, daripada mengeluarkan uang sebagai kenangan, akan lebih baik jika Anda mengambil foto yang bisa dipajang dalam bingkai atau di ponsel dan laptop. (NO)

Share This Article