Tips Liburan Hemat di Hanoi Tanpa Cuti Panjang | Breaktime
Tips Liburan Hemat di Hanoi Tanpa Cuti Panjang
15.08.2015

Ibukota Vietnam, Hanoi, menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia, termasuk B'timers yang ingin merasakan suasana kota Hanoi.

Berbagai tempat wisata di Hanoi bisa kita kunjungi hanya dalam waktu tiga hari dua malam, alias pada libur weekend ditambah satu hari cuti. Meskipun tidak ada penerbangan langsung dari kota-kota besar di Indonesia, Anda masih bisa jalan-jalan ke Hanoi tanpa perlu cuti lebih dari satu hari bila melakukan beberapa trik berikut ini:

Hari Pertama

Bila mengambil libur weekend, pilih hari Jumat untuk landing di Noi Bai International Airport, Hanoi. Tersedia pesawat pagi dari Kuala Lumpur dan Singapura, sehingga traveler dari Indonesia bisa berangkat Kamis malam usai pulang kerja dan transit di KLIA2 atau Changi, sebelum ambil penerbangan pagi menuju Hanoi.

Tiba di Hanoi sekitar jam 10, traveler bisa langsung check in hotel di kawasan Old Quarter yang merupakan pusat penginapan dan kuliner, semacam Legian di Bali atau Khaosan Road di Bangkok.

Tips Liburan Hemat di Hanoi Tanpa Cuti Panjang | Breaktime
Flag Tower, salah satu ikon wisata Hanoi

Masih ada waktu dari siang sampai sore atau malam hari untuk walking tour Hanoi, mengunjungi beberapa tempat seperti Vietnam Military History Museum, Flag Tower, Lenin Park, Temple of Literature, hingga menikmati suasana malam di Hoan Kiem Lake.

Hari Ke dua

Setelah breakfast di hotel, langsung menuju Halong Bay dengan travel yang telah dipesan. Perjalanan Hanoi-Halong Bay ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Sebelum tengah hari, kita sudah tiba di Halong Bay dan bisa langsung menikmati keindahan pulau-pulau karst di sini dengan Halong Bay Cruise.

Paket one day tour Halong Bay biasanya sudah termasuk makan siang di kapal, mengunjungi Dau Go Cave dan bermain kayak di Floating Village Halong Bay. Bila punya waktu libur lebih panjang, bisa mengambil paket 2 atau 3 hari dengan menginap di kapal.

Tips Liburan Hemat di Hanoi Tanpa Cuti Panjang | Breaktime
Suasana di salah satu pelabuhan Halong Bay

Setelah kembali ke Hanoi, malam harinya masih bisa menikmati suasana di walking street Old Quarter, hunting kuliner dan oleh-oleh, atau menikmati kopi Vietnam khas Hanoi di kafe sepanjang Old Quarter.

Hari Ke tiga

Anda bisa mengambil penerbangan paling pagi ke Kuala Lumpur sekitar jam 9 untuk kembali ke Indonesia. Bila memilih penerbangan sore, masih bisa mengunjungi beberapa tempat lainnya di Hanoi seperti St Joseph Cathedral, Hoa Lo Prison, Temple of Literature, One Pillar Pagoda, Mauselium, dan Ho Chi Minh Museum.

Tips Liburan Hemat di Hanoi Tanpa Cuti Panjang | Breaktime
Patung Lenin di Lenin Park, Hanoi

Cukup tiga hari dua malam, plus transit di Kuala Lumpur atau Singapura, B'timers sudah bisa menikmati hangatnya Hanoi sekaligus menyaksikan keindahan salah satu Seven Wonders UNESCO di Halong Bay.

Share This Article