Tips ke Titik Bersejarah, Kasultanan Yogyakarta | Breaktime
Tips ke Titik Bersejarah, Kasultanan Yogyakarta
26.10.2016

Tahukah Anda di mana pusat imajiner antara Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi, B’timers? Ya, itu adalah Keraton Kasultanan Yogyakarta. Di sini Anda bisa menyelami sejarah masa lalu kebudayaan Jawa. Jika datang berlibur ke Jogja, tentu yang tidak boleh dilewatkan adalah Kasultanan Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1755 setelah menandatangani Perjanjian Giyanti, Keraton Yogyakarta memilih lokasi antara dua sungai di hutan beringin. Yuk, intip travel tips ke titik bersejarah budaya Jawa yang masih kental ini, B’timers!

Tips ke Titik Bersejarah, Kasultanan Yogyakarta | Breaktime
Jangan lupa mampir jika berlibur ke Jogja, B’timers!

Ketika masuk ke area Keraton Yogyakarta, Anda akan menemukan lima lapis tata ruang yang tersusun secara konsentrik, yaitu:

  • Lapis terluar, di sini terdapat Alun-alun Selatan yang terdiri atas Kandang Gajah Kepatihan, yaitu sarana birokrasi, serta benteng sebagai sarana pertahanan.
  • Lapis kedua, Siti Hinggil atau halaman yang juga disebut sebagai pelataran ini digunakan sebagai tempat ketika Keraton mengadakan acara-acara kenegaraan.
  • Lapis ketiga, terdapat pelataran Sri Manganti, serta Bangsal Sri Manganti dipergunakan sebagai ruang tunggu sebelum menghadap raja.
  • Lapis terakhir, inilah pusat konsentrik yang terdapat di pelataran Keraton Yogyakarta. Tata ruang di sini tersusun oleh bangunan tratag, pendopho dan pringgitan.
Tips ke Titik Bersejarah, Kasultanan Yogyakarta | Breaktime
Pelataran Keraton untuk acara kenegaraan

Lokasi Keraton Yogyakarta ini terletak di pusat Kota Yogyakarta. Jadi bukanlah hal yang sulit untuk Anda menemukannya, B’timers. Halaman depan Keraton adalah Alun-alun Utara, sedang halaman belakang dari Keraton adalah Alun-alun Selatan. Untuk bisa memasuki area Keraton Yogyakarta, Anda diwajibkan membayar tiket, seharga Rp 3 ribu hingga Rp7 ribu. Dan jika membawa kamera, diharuskan membayar biaya untuk izin sebesar Rp 1 ribu, B’timers.

Dan sebelum Anda berkunjung ke Keraton Yogyakarta, sebaiknya catat jadwal pertunjukan yang bisa Anda nikmati, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE