Ternyata Begini Rincian Budget Liburan Ke Sumba! | Breaktime
Ternyata Begini Rincian Budget Liburan Ke Sumba!
20.04.2017

Pulau Sumba kini menjadi primadona destinasi di Indonesia yang mulai menarik wisatawan lokal maupun internasional. Pulau Sumba masuk dalam kawasan Nusa Tenggara Timur. Menjadi destinasi kedua setelah Flores, Sumba dibagi menjadi empat wilayah, yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Timur. Keempat kabupaten ini berkembang dengan sangat pesat.

Hanya saja yang paling sering menarik wisatawan adalah kawasan Sumba Barat. Ini karena Sumba Barat punya sebuah festival yang sudah dikenal hingga mancanegara, yaitu Festival Pasola. Festival ini menjadi incaran wajib para turis, khususnya untuk yang cinta dengan fotografi dan budaya. Festival Pasola adalah sebuah perayaan yang dilakukan untuk menyambut masa panen dan memprediksi hasil panen.

Baca juga : SISI LAIN SUMBA ADA DI KAIN TENUN & PARADE KUDA

Mengintip kebudayaan Sumba tak cukup hanya dengan menyaksikan Festival Pasola. Anda bisa juga mengunjungi Kampung Adat Tarung. Berusaha lebih dekat dengan masyarakat Sumba yang menganut kepercayaan Marapu akan membuat liburan Anda lebih bermakna. Lokasinya tak jauh dari pusat kota. Hanya 15 menit dari Waikabubak. Tepatnya berada di Kecamatan Loli, Sumba Barat. Saat ke sana, Anda tidak akan dipungut biaya, tetapi disediakan sebuah kotak untuk sumbangan seikhlasnya.

Di Kampung Adat Tarung, Anda bisa menemui rumah adat Sumba yang masih berdiri dengan kokoh. Selain itu, ada juga beberapa situs makam batu dan patung-patung di era megalitikum. Benar-benar menyenangkan, nih untuk para pelancong yang hobi fotografi.

Ternyata Begini Rincian Budget Liburan Ke Sumba! | Breaktime
Kampung Adat Tarung di Sumba (Google)

Sebenarnya Sumba Barat punya banyak kampung adat yang masih dilestarikan, antara lain Kampung Adat Watukarere dan Kampung Adat Dikita. Perbedaannya adalah ada kampung yang masih sangat terisolasi dari dunia modern dan tidak fasih berbahasa Indonesia. Kalau bisa, sih semua kampung adat tersebut Anda kunjungi untuk lebih mengenal kekayaan budaya Indonesia.

Sumba Barat juga punya Pantai Mananga Aba yang memiliki jarak waktu satu jam saja dari Waikabubak. Pantai ini berada sejauh 15 km dari Bandara Tambolaka. Suasana pantai yang masih sangat sepi dijamin membuat Anda bahagia. Penginapan yang paling dekat dengan pantai ini adalah Hotel Mario. Tarifnya nggak mahal, hanya Rp 500 ribu per malam.

Baca juga : KISAH UNIK PENUH LEGENDA BATU NONG DARI SUMBAWA!

Masih ada banyak destinasi yang bisa dijelajahi di Sumba Barat. Tetapi bagaiman cara untuk sampai di Sumba Barat? Anda hanya perlu naik pesawat menuju Bali atau Kupang. Kemudian lanjut dengan penerbangan ke Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.

Cara lain juga bisa Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan jalur darat menggunakan bus sampai ke Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Lanjut lagi dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Sape ke Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat Daya. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan lagi perjalanan ke Sumba Barat dengan mobil, bus, atau travel.

Ternyata Begini Rincian Budget Liburan Ke Sumba! | Breaktime
Hotel Nihiwatu salah satu yang terbaik di Sumba (dailymail.co.uk)

Untuk sewa mobil, Anda akan dikenakan tarif Rp 500 ribu termasuk bensin dan driver. Sedangkan naik travel, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu. Nah, kalau naik bus bisa lebih murah, yaitu Rp 10 ribu. Masih ada pilihan lagi, yaitu dengan sewa motor atau ojek.

Alternatif lain juga bisa melalui Sumba Timur. Di sana terdapat Bandara Mauhau. Jalur ini bisa diambil jika Anda datang dari Kupang. Untuk harga sewa mobil dan travelnya rata-rata sama. Hanya saja untuk tarif bus lebih mahal, yaitu Rp 25 ribu.  

Baca juga : TRADISI PASOLA, TRADISI LEMPAR LEMBING DARI SUMBA

Untuk urusan akomdasi tak perlu khawatir, karena Sumba sudah banyak dibangun penginapan berbagai jenis. Mulai dari harga Rp 200 ribu sampai yang paling mahal juga ada. Sesuaikan saja dengan budget yang Anda bawa.

Overall, Sumba bisa jadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi tahun ini untuk liburan lebih menyenangkan dan berkesan. Wisatawan sudah cukup dimudahkan dengan transportasi dan akomodasi di Sumba. So, tunggu apalagi, masukkan Sumba dalam daftar liburan Anda tahun ini! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE