Tata Tertib Makan di Jepang Ini Harus Anda Tahu | Breaktime
Tata Tertib Makan di Jepang Ini Harus Anda Tahu
15.04.2016

Di Asia, table manners sangat penting untuk menunjukkan bahwa Anda menghormati menu yang disajikan, B’timers. Dan Jepang, sebagai salah satu negara Asia yang sangat kaya akan budaya serta tradisinya, juga menjunjung tinggi sopan santun dan tata karma di meja makan. Berikut tata tertib makan di Jepang yang harus Anda pelajari sebelum berlibur ke Negeri Matahari Terbit!

Jangan gunakan tangan untuk menangkap makanan yang jatuh

Meletakkan tangan kiri Anda di bawah tangan kanan saat akan menyuap makanan untuk menangkap makanan yang mungkin jatuh adalah perilaku yang buruk. Mungkin di rumah kebiasaan tersebut terlihat sopan, jadi Anda mengira itu adalah sesuatu yang wajar. Tapi jika datang ke Jepang atau bertamu ke keluarga Jepang, hindari kebiasaan yang satu ini, ya?

Tata Tertib Makan di Jepang Ini Harus Anda Tahu | Breaktime
Semua budaya memiliki tata tertibnya masing-masing

Hindari menggunakan gigi untuk menggigit setengah makanan

Secara umum, Anda harus selalu mencoba memasukkan satu suapan dalam sekali lahap, B’timers. Hindari menggigit makanan menjadi potongan yang lebih kecil untuk dikunyah. Mereka melihat itu adalah hal yang tidak sopan, dengan mengembalikan potongan lauk setengah dimakan kembali ke piring. Tutup mulut dengan tangan saat mengunyah potongan besar makanan.

Jangan pernah mencampur wasabi ke dalam saus kecap

Yang terjadi di banyak restoran Jepang di dunia adalah metode makan yang tidak sehat. Ya, selama ini Anda pasti sering melihat saus kecap yang dicampur dengan wasabi saat memesan makanan Jepang. Dan jika Anda datang ke Jepang, hindari hal tersebut, B’timers. Sebaiknya letakkan sedikit wasabi langsung pada sepotong sashimi baru kemudian celupkan ikan ke dalam saus kecap.

Tata Tertib Makan di Jepang Ini Harus Anda Tahu | Breaktime
Makanan Jepang sudah dikenal hingga ke banyak negara

Jangan membalik tutup mangkuk Anda

Tata tertib makan di Jepang selanjutnya adalah jangan pernah membalik tutup mangkuk Anda sebagai tanda selesai makan. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap meletakkan tutup mangkuk seperti semula ketika menu makanan dibawa ke atas meja. Mengapa kita tidak boleh membalik tutup? Karena Anda akan merusak tutup jika meletakkannya secara terbalik, B’timers!

Jangan meletakkan cangkang kerang di tutup mangkuk atau piring terpisah

Ketika disajikan hidangan yang terbuat dari kerang, banyak orang yang cenderung menempatkan cangkang kosong di tutup mangkuk atau di piring terpisah setelah selesai makan. Ini sangat terlihat tidak sopan, karena itu sebaiknya Anda hindari kebiasaan tersebut. Anda bisa meninggalkan cangkang kerang dalam mangkuk yang sama untuk menyajikannya, kok.

Tata Tertib Makan di Jepang Ini Harus Anda Tahu | Breaktime
Ayo, seruput mie Anda hingga habis!

Ambil mangkuk terlebih dahulu baru pegang sumpit

Jangan sentuh sumpit sebelum Anda mengambil mangkuk, ya, B’timers? Aturan di Jepang adalah, Anda harus mengambil mangkuk terlebih dahulu baru mengambil sumpit. Lalu jika akan mengganti mangkuk, pertama letakkan sumpit, kemudian ganti mangkuk. Dan seperti yang sebelumnya dikatakan, hanya setelah Anda mengambil mangkuk kedua, baru boleh mengambil sumpit lagi.

Anda juga harus menghabiskan semua yang dihidangkan untuk menghormati makanan, B’timers. Nah, dengan berbekal tata tertib makan di Jepang, Anda tentu sudah siap untuk berlibur mengunjungi Jepang, bukan, B’timers? (NO)

Share This Article