Takut Liburan Kacau? Ini Trik Liburan Anti Gagal | Breaktime
Takut Liburan Kacau? Ini Trik Liburan Anti Gagal!
10.05.2016

Anda pernah merasa seperti sangat membutuhkan liburan dari tugas-tugas kantor  yang membelenggu, B’timers? Ya, orang pergi berlibur untuk bersantai dan menjauh dari tanggung jawab sebelum kembali ke rutinitas yang membosankan. Namun dengan kegagalan liburan yang lalu, Anda kembali harus memikirkan kembali rencana perjalanan berikutnya. Coba beberapa trik berikut untuk menghindari liburan gagal, B’timers.

Ambil liburan 3 – 6 bulan sekali

Menurut sebuah penelitian tarbaru dari Radboud University di Belanda, jumlah ideal liburan untuk hasil yang maksimal adalah 21 hari atau 3 minggu, lho. Tetapi pada kenyataannya, hal tersebut sangat tidak realistis. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, setidaknya Anda meluangkan waktu setidaknya 3 atau 6 bulan sekali, B’timers. Meskipun bukan liburan panjang, namun ini dapat membantu meringankan stres yang Anda alami.

Takut Liburan Kacau? Ini Trik Liburan Anti Gagal | Breaktime
Minimal pergilah bersantai setiap akhir pekan

Buat jadwal prioritas yang fleksibel

Penelitian yang sama dari Radboud University menemukan bahwa liburan yang paling efektis adalah dengan memberikan pilihan dan kebebasan dalam menentukan tujuan liburan selanjutnya, B’timers. Karena itu, cobalah untuk menghindari mengambil cuti untuk liburan di saat seluruh kantor memerlukan tenaga Anda. Nah, rencanakan beberapa hari liburan singkat pada akhir pekan, sesuai dengan cuaca, energi serta anggaran yang Anda miliki.

Gabungkan aktivitas fisik yang menyenangkan

Kegiatan fisik seperti berenang, snorkeling, golf atau berjalan kaki bisa memberikan efek positif yang sama seperti saat kita liburan, lho, B’timers. Pakar energi, Tony Schwarz mengungkapkan, liburan harus bisa merestorasi fisik, emosional, mental serta spiritual. Bagi Anda mungkin liburan berarti perjalanan jauh yang berisi petualangan menantang. Cobalah untuk mengganti liburan dengan beberapa aktivitas fisik yang menyenangkan.

Takut Liburan Kacau? Ini Trik Liburan Anti Gagal | Breaktime
Rekreasi ke tempat baru di kota bisa mengobati kejenuhan

Jangan coba abaikan dampak jet lag!

Terkadang perjalanan panjang juga dapat menambah stres. Terutama bentuk gangguan seperti jet lag, B’timers. Setelah mendarat, Anda butuh waktu hingga tiga hari untuk pulih dari jet lag. Perlu Anda ketahui, bahwa penyebab utama dari jet lag adalah karena Anda melawannya, seperti dengan minum kafein atau alkohol sebelum dan selama penerbangan. Disarankan, jika beralih zona waktu, makanlah pada waktu normal sekalipun tidak merasa lapar.

Tinggalkan tugas saat pergi berlibur

Untuk beberapa orang merasa lebih nyaman ketika membawa serta tugas ketika pergi berlibur. Sementara yang lain memilih menjauh dari apapun yang mendatangkan stres. Idealnya Anda harus memutus hubungan dari email kantor dan komunikasi dalam bentuk apapun saat memutuskan untuk berlibur, B’timers. Memang terdengar kejam, namun ini adalah cara terbaik di mana Anda bisa menikmati waktu untuk diri sendiri selama liburan.

Takut Liburan Kacau? Ini Trik Liburan Anti Gagal | Breaktime
Lupakan tugas kantor yang menumpuk saat liburan!

Dan, tips terakhir untuk menghindari liburan gagal adalah, coba ambil satu langkah lebih jauh dan patahkan kebiasaan lama. (NO) 

Share This Article

Tagging: