Sudah Pernah Wisata ke Poso? Asyik Juga, Lho! | Breaktime
Sudah Pernah Wisata ke Poso? Asyik Juga, Lho!
01.09.2016

B’timers sudah kenal Poso? Poso adalah kota pusat pelabuhan yang menghubungkan pesisir pantai utara-timur Sulawesi Tengah, Indonesia. Poso sendiri merupakan ibukota administratif Kabupaten Poso. Letaknya persis di tengah-tengah provinsi di tepi pantai Teluk Tomini, bagian tengah pulau Sulawesi. Tak banyak orang yang menghuni Poso, hanya sekitar 40.000 populasi saja, B’timers.

Masyarakat Poso

Karena Poso adalah tempat persinggahan baik dari utara ke selatan, maupun barat ke timur Sulawesi, di sini penduduknya terdiri dari berbagai etnis, agama serta latar belakang. Di Poso, masyarakatnya tersebar dari wilayah pesisir hingga ke pegunungan. Pertanian dan perikanan jadi sumber utama penghasilan masyarakat Poso.

Wisata Danau Poso

Nah, di Poso terdapat sebuah danau yang menjadi ikon, yakni Danau Poso. Konon, danau ini adalah danau terbesar ketiga di Indonesia. Uniknya, di sekitar danau ini terhampar pasir putih yang indah menawan, layaknya di pantai. Selain itu di danau ini juga ada ombak. Sayangnya, danau ini belum dikelola dengan baik.

Sudah Pernah Wisata ke Poso? Asyik Juga, Lho! | Breaktime
Indahnya Danau Poso yang berpasir putih

Letak Danau Poso berada di Tentena. Dengan menempuh jarak sekitar 56 km atau 1,5 jam dari kota Poso, Anda akan sampai di danau yang indah ini. Namun, hati-hati jika berkendara ke sini, karena ruas jalan yang berkelok-kelok, melewati hutan tropis serta menyisir pantai. Danau Poso sendiri berada di atas ketinggian 600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Transportasi ke Poso

Jika naik pesawat, ada Bandara Kasiguncu di Poso yang melayani penerbangan dari dan ke Poso. Di Poso juga terdapat banyak pelabuhan, seperti Pelabuhan Poso yang jadi pelabuhan utama, melayani kapal-kapal baik domestik maupun asing, termasuk ekspor-impor barang.

Lewat darat Anda juga dapat melewati rute Utara Selatan yaitu Manado-Gorontalo-Palu-Makassar atau rute Timur Barat yakni Palu-Luwuk. Anda juga bisa naik bis antar kota, juga terdapat minibus yang dikelola agen travel. Dan bis-bis ini sudah dilengkapi AC. Tarif bis antar kota Sulawesi sendiri mulai dari Rp 50 ribu.

Nah, tidakkah B’timers ingin mencoba mengeksplor Poso minimal sekali saja? (md)

Share This Article