Short Getaway saat Akhir Pekan? Yuk, ke Belitung! | Breaktime
Short Getaway Saat Akhir Pekan? Yuk, ke Belitung!
14.03.2015

Bagi B'timers yang ingin traveling ke pulau-pulau eksotik tapi tak punya banyak waktu libur dan budget terbatas, Pulau Belitung bisa jadi alternatif terbaik.

Belitung yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka ini bisa ditempuh dengan perjalanan 35 menit dengan pesawat terbang dari Jakarta. Saat ini sudah ada penerbangan tiap hari rute Jakarta ke Tanjung Pandan PP yang dioperasikan oleh beberapa maskapai domestik.

Hanya perlu waktu tiga hari dua malam untuk mengeksplor sebagian besar destinasi wisata di Pulau Belitung, termasuk island hopping ke Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuar-nya, serta wisata kuliner dan warung kopi yang sudah jadi trademark Pulau Belitung.

Suasana yang masih alami, warga lokal yang ramah, dan sarana transportasi yang memadai membuat Anda semakin nyaman jalan-jalan di Belitung. Terlebih, biaya hidup di pulau ini bisa dibilang relatif terjangkau di kantong pejalan, setidaknya lebih murah dibandingkan destinasi wisata lainnya yang lebih dulu terkenal, seperti Bali dan Lombok.

Short Getaway Saat Akhir Pekan? Yuk, ke Belitung!

Untuk akomodasi dan transportasi, B’timers bisa mengambil paket tour tiga hari dua malam Pulau Belitung yang disediakan oleh banyak trip operator dengan biaya di kisaran Rp 750 ribu. Harga tersebut merupakan share-cost untuk enam orang, sudah termasuk penginapan dua malam, antar jemput bandara, city tour, dan paket one day island hopping Pulau Lengkuas.

Yang menarik, paket tersebut juga sudah termasuk menu kuliner khas Mie Belitung "Atep" yang legendaris dan sekali nongkrong di salah satu warung kopi Manggar yang terkenal dengan julukan "Kota Seribu Warung Kopi".

Di sekitar Tanjung Pendam juga terdapat beberapa hotel dan penginapan di tepi pantai dengan pemandangan yang indah, terutama ketika sunset. Harlika Jaya Hotel, Lux Melati Hotel, Hotel Pondok Impian, dan Hotel Bunga Pantai adalah beberapa hotel dengan rate di kisaran Rp 200-300 ribu. Bila ingin fasilitas lebih, bisa memilih antara MaxOne Hotel Belstar Belitung, Central City Hotel, Grand Hatika Hotel, dan Aston Belitung Hotel dengan harga di kisaran Rp 500 hingga 700 ribu.

Jadi, berapa biaya total yang harus B'timers keluarkan untuk liburan ke Belitung? Anggap saja tarif normal tiket pesawat PP Jakarta - Tanjung Pandan adalah Rp 1,2 juta, biaya paket tour Rp 750 ribu, dan biaya lain-lain termasuk kuliner serta oleh-oleh Rp 450 ribu, maka keseluruhan biaya hanya Rp 2,4 juta selama tiga hari dua malam berpetualang di Negeri Laskar Pelangi.

Perkiraan biaya ini masih bisa naik dan turun tergantung dengan kebutuhan serta pengeluaran B'timers selama di Pulau Belitung. Bagaimana, sudah siap angkat ransel dan terbang ke Negeri Laskar Pelangi?

Share This Article