Seribu Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta | Breaktime
Seribu Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta
11.01.2017

Yogyakarta tidak hanya menarik karena kearifan lokal yang hingga kini terpelihara dan melebur bersama dengan budaya modern, tetapi juga keindahan alam yang dapat Anda saksikan saat Anda berkunjung ke pantai laut selatan. Akan tetapi, ternyata keindahan alam bumi Yogyakarta tidak hanya berhenti di keindahan pantai saja. Siapa yang menyangka bahwa bahkan di kota Yogyakarta yang juga terkenal dengan iklimnya yang panas dan kering ini Anda dapat menemukan sepotong surga tersembunyi dengan pemandangan alamnya yang hijau di air terjun Sri Gethuk.

Terletak di Dusun Menggoran Desa Bleberan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, air terjun Sri Gethuk ini jauh lebih dikenal dengan nama air terjun Slempret oleh warga sekitar, karena kebetulan air terjun ini berlokasi di daerah Slempret. Dan tahukah Anda, bahwa penamaan air terjun itu sendiri dihiasi dengan kisah mistis?

Konon, kawasan Slempret tersebut bagi para penduduk lokal dianggap sebagai lokasi yang angker dan dihuni oleh makhluk halus atau jin. Jin-jin tersebut hidup di bawah pemerintahan pimpinan jin yang bernama jin Anggo Menduro. Jin Anggo Menduro diceritakan memiliki jiwa yang ‘nyeni’ dan menyukai berbagai macam bentuk kesenian.

Para warga sekitar yang tinggal di dusun Menggoran dan sekitarnya mengaku bahwa mereka sering mendengar suara-suara alat musik yang dimainkan, mulai dari suara musik dari drumband maupun alat musik slompret, atau terompet. Anehnya, suara tersebut menghilang apabila didekati. Air terjun Sri Gethuk dipercaya merupakan tempat dimana alat musik jin tersebut disimpan. Wah, jadi merinding seru ya, B’Timers?

Seribu Pesona Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta | Breaktime
Brrr, air terjun ini menawarkan nuansa adem!

Terlepas dari legenda mistis yang menyelimutinya, air terjun ini merupakan destinasi alam yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi, terutama ketika Anda sedang berada di Yogyakarta. Air terjun yang juga berperan sebagai oase di Gunung Kidul ini memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan aliran air yang tenang sehingga sangat aman jika Anda ingin menghabiskan waktu berenang di sana. Pepohonan yang masih lebat dan terawat di sekitar air terjun dan di sepanjang sungai menawarkan kesejukan alam yang menyegarkan. Selain berenang, Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga air yang lain, seperti canyoning dan body rafting.

Anda juga dapat menikmati serunya menelusuri Sungai Oya dari udara dengan melakukan aktivitas flying fox. Namun apabila Anda bukan merupakan penggemar olahraga yang memacu adrenalin Anda dapat memilih aktivitas lain yang tidak kalah mengasyikkan yaitu menelusuri Sungai Oya dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh warga. 

Untuk mencapai tempat wisata alam yang sangat indah ini, dari arah kota Yogyakarta Anda perlu melewati  ring road fly-over Janti sebelah timur dan mengikuti jalan lurus ke arah Wonosari. Belokkan kendaraan Anda ke sebelah kiri tepat setelah perempatan kedua setelah fly over Janti. Dari sini telusuri jalan lurus hingga Anda tiba di pertigaan Gading.Teruskan perjalanan menuju kecamatan Playen. Di daerah Playen Anda akan menemukan papan petunjuk yang menunjukkan lokasi dari obyek wisata ini.

Dari area pemancingan, Anda dapat memilih dua pilihan jalan yang dapat Anda gunakan untuk mencapai lokasi air terjun. Anda dapat memilih berjalan kaki melewati jalan setapak lengkap dengan hamparan pemandangan sawah penduduk. Atau, Anda dapat memilih jalur air dengan menyewa rakit sederhana yang disediakan oleh warga sekitar. Dengan rakit tersebut, Anda akan dipandu menyelusuri Sungai Oya hingga tiba di lokasi air terjun. Pilihan jalur manapun yang Anda pilih akan memberikan sensasi berpetualang yang sama serunya.

Untuk mengakses situs wisata alam ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 3.000,-. Sedangkan untuk menyewa perahu rakit, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.0000,- saja. Di area ini juga disediakan tempat penyewaan ban renang bagi Anda yang ingin berenang, cukup dengan harga Rp 2.000,- saja. Nah, B’Timers! Yuk, masukkan air terjun Sri Gethuk ke dalam daftar wisata Anda untuk masa liburan! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide