Sensasi Menantang Akses Air Terjun Kali Pancur | Breaktime
Sensasi Menantang Akses ke Air Terjun Kali Pancur
04.10.2016

Semarang memiliki potensi wisata alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Air Terjun Kali Pancur yang terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Letaknya berada sekitar 14 km di sebelah barat kota Salatiga. Untuk Anda yang suka berpetualang, tempat wisata ini sangat cocok dan harus dikunjungi. Apa yang menjadi daya tarik air terjun ini, ya?

Pemandangan

Air Terjun Kali Pancur ini memiliki pemandangan dan suasana yang masih sangat alami. Ketinggian air terjunnya mencapai 150 meter. Saat menuju air terjun, Anda akan melewati anak tangga dengan ditemani suara gemericik air.

Sensasi Menantang Akses Air Terjun Kali Pancur | Breaktime
Kawasan Air Terjun Kali Pancur yang masih alami

Ketika sampai di air terjun, Anda akan disuguhkan pemandangan air yang jatuh dengan dihiasi relief bebatuan alam. Di tebing-tebingnya terdapat goa-goa kecil yang menjadi sarang burung walet. Suara air terjun, aliran air, gemerisik pepohonan dan burung walet, membuat pikiran sangat tenang dan segar kembali.

Akses

Untuk sampai di Air Terjun Kali Pancur ini tidak bisa menggunakan transportasi umum, karena memang tidak tersedia. Jadi, Anda harus membawa kendaraan pribadi. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Kopeng Salatiga.

Setelah sampai di Desa Wates, Kecamatan getasan, Anda harus berjalan kaki atau menggunakan ojek dengan jarak sekitar 3 km. Kondisi jalanan menuju Air Terjun Kali Pancur ini cukup baik. Namun, setelah mendekati lokasi, jalanan akan semakin sempit.

Sensasi Menantang Akses Air Terjun Kali Pancur | Breaktime
Akses jalan menuju Air Terjun Kali Pancur

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo yang indah. Setelah sampai di pintu masuk, Anda membayar tiket seharga Rp 2,5 ribu dan masih harus berjalan menuruni anak tangga sekitar 900 meter.

Jadi itulah keindahan pemandangan dan sensasi perjalanan menuju Air Terjun Kali Pancur, Semarang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk para backpacker yang suka berpetualang. (vpd)

Share This Article