Selain Marmer, Pathok Gebang Juga Mempesona | Breaktime
Selain Marmer, Pantai Pathok Gebang Juga Mempesona
13.02.2017

Jika B’timers mendengar kota Tulungagung, apa yang terbersit dalam pikiran Anda? Pasti kebanyakan orang akan menjawab industri marmer. Yup, memang itulah Tulungagung, kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. Berbagai kerajinan marmer ada di sana. Bahkan hasil kerajinan tersebut sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Hal itulah yang membuat para warga menjadikan industri marmer sebagai mata pencaharian pokok. Kualitasnya memang sangat baik dan pantas untuk diekspor ke luar negeri.

Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata Tulungagung tidak hanya terkenal dengan industri marmernya. Kota kecil di Jawa Timur ini rupanya juga punya jajaran pantai yang menakjubkan. Salah satu yang paling keren adalah Pantai Pathok Gebang. Pantai ini terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang masih sangat alami atau bisa dibilang sebagai hidden paradise di pesisir selatan Tulungagung. Untuk sampai ke pantai ini Anda membutuhkan sedikit perjuangan. Untuk Anda yang berasal dari provinsi lain, bisa terbang dengan menggunakan pesawat menuju Surabaya, lalu Anda bisa sewa mobil di bandara. Nah, setelah itu Anda bisa langsung menuju ke kota Tulungagung.

Selain Marmer, Pathok Gebang Juga Mempesona | Breaktime
Cipratan ombak yang menakjubkan (Photo by Google)

Saat sampai di Tulungagung, Anda hanya tinggal mengikuti rute dengan jalur menuju Pantai Popoh. Nah, saat sampai di pertigaan SMAN 1 Campurdarat, Anda bisa mengambil arah kiri menyusuri jalan menanjak. Di samping kanan kiri, Anda akan disuguhkan dengan rindangnya hutan pinus. Lalu, sebelum SMPN Tanggunggunung, Anda akan melewati sebuah pertigaan. Dari situ Anda bisa ambil arah selatan. Untuk lebih jelas Anda juga bisa sambil bertanya pada penduduk setempat.

Sebenarnya akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan roda dua. Namun, kalau Anda menggunakan mobil, mungkin cukup untuk satu mobil saja dan harus berhenti di desa terakhir. Setelahnya, Anda bisa berjalan kaki dengan jarak tempuh 45 – 60 menit. Kelebihan membawa motor adalah Anda bisa terus sampai di bibir pantai.

Memang akan sangat melelahkan, B’timers. Tetapi ketika Anda sampai di Pantai Pathok Gebang, pemandangan yang diberikan sangat menakjubkan dan Anda tidak akan mengira kalau itu ada di kota kecil Tulungagung. Di sana terdapat tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Ombak pantai juga cenderung besar.

Selain Marmer, Pathok Gebang Juga Mempesona | Breaktime
Sisi tebing lain dari Pantai Pathok Gebang (Photo by Google)

Pemandangan yang paling keren adalah saat ombak membentur ke tebing hingga menimbulkan cipratan air yang sangat tinggi dan besar. Oke banget, kan untuk foto-foto. Bisa jadi koleksi keren di Instagram juga. Pasir pantainya juga bersih banget meskipun tidak terllau putih.

Waktu yang pas untuk datang ke pantai ini adalah pada pukul 2 siang sampai 5 sore. Karena pada jam-jam ini, ombak laut akan sangat besar hingga mencapai 10 meter. Seru banget, deh B’timers. Ditambah dengan semilir angin pantai yang lumayan kencang.

Nah, kalau Anda mau camping juga bisa. Rugi perjalanan jika Anda tidak meluangkan waktu untuk berkemah di sana. Karena pantai yang masih cukup sulit dijangkau, Anda tidak membutuhkan biaya masuk. Jadi, sebaiknya mulai sekarang mulai rencakanan perjalanan ke Pathok Gebang sebelum pantai ramai dan kotor. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE