Romantisnya Budget Holiday ke Santorini | Breaktime
Romantisnya Budget Holiday ke Santorini
11.10.2017

Apa yang terlintas di benak B’timers saat membayangkan travelling ke Santorini? Tentunya deretan rumah-rumah putih di daerah perbukitan, gereja beratap biru, serta pemandangan laut lepas Aegea. Santorini merupakan salah satu pulau yang menjadi wilayah administratif Negara Yunani yang terletak 200 kilometer di sebelah tenggara dataran utama Yunani. Banyak foto-foto promo pariwisata Yunani yang menjual pemandangan klasik tersebut sebagai Santorini, sehingga B’timers mungkin kurang familiar dengan nama Oia, yakni lokasi spesifik desa yang memiliki pemandangan ala postcard tersebut.

Tak hanya populer sebagai destinasi wisata honeymoon kelas dunia, Santorini juga bisa menjadi lokasi liburan keluarga yang menyenangkan. Pulau vulkanik yang terletak di tengah bentangan Laut Aegea ini menyimpan keindahan alam tersendiri khas Yunani. Pemandangan lautan nan dramatis serta pantai yang tenang dan arsitektur bangunan Yunani merupakan keunikan yang tak bisa B’timers temukan di kawasan wisata lainnya. Selain panorama yang menyejukkan mata, Anda juga bisa memanjakan diri dengan menikmati aneka hidangan eksotis khas Yunani di berbagai restoran fine dining hingga aneka pusat pengolahan wine.

Dari Indonesia, ada banyak jalur penerbangan yang bisa B’timers ambil untuk menuju Santorini. Akan jauh lebih hemat bagi Anda untuk mengambil beberapa kali transit daripada langsung terbang ke Yunani. Sebelum mendarat ke Bandara Internasional Yunani di Athena, Anda bisa terbang lebih dahulu dari Jakarta ke Singapura yang saat ini banyak menyediakan tiket promo di bawah 1 juta Rupiah untuk pulang-pergi. Lanjutkan penerbangan Anda ke Athena dengan tiket pulang-pergi Singapura-Athena sekitar 10 juta Rupiah. Terakhir, ambil penerbangan pulang-pergi dari Athena ke Santorini dengan tarif sekitar 1,5 juta Rupiah saja. Apabila tak ingin melakukan banyak transit, Anda juga bisa mencari tiket promo dari maskapai penerbangan luar seperti Emirates, Qatar, maupun Etihad Airlines yang langsung menuju Athena.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wisata Semarang Seru Selain Lawang Sewu
Romantisnya Budget Holiday ke Santorini | Breaktime
Selain pantai pasir hitam memesona, Pantai Perissa juga memiliki banyak penginapan murah

Desa Oia yang terletak di ujung terluar Pulau Santorini dapat dicapai dalam waktu sejam dengan menaiki bus dari Pelabuhan Athinios menuju Fira, ibukota pulau ini, lalu berganti bus ke Oia. Satu kali perjalanan bus di Santorini rata-rata memakan biaya antara 1.80 hingga 2.40 Euro. Untuk tempat penginapan murah, B’timers sebaiknya menghindari kawasan Oia yang merupakan area pariwisata termahal dan terpadat di Santorini. Salah satu kota terbesar di Santorini, Thira, menyediakan berbagai tempat penginapan murah seperti budget hotel, hostel, hingga apartemen studio yang bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek 20 hingga 40 Euro per malam. Anda juga bisa menyewa berbagai tempat penginapan murah di Pantai Perissa yang memberikan akses langsung ke pantai berpasir hitam nan menawan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rencanakan Liburan ke Wisata Pulau Jawa Terunik

Alternatif transportasi selain bus yang cukup jarang dan taksi yang mahal, yakni mencapai 27 Euro sekali jalan, ialah menyewa ATV dengan budget 30 Euro per hari untuk menjelajahi Santorini. Moped atau sepeda motor kecil juga bisa Anda sewa dengan harga 14 Euro per hari untuk berkeliling pulau. Untuk menjelajahi Laut Aegea atau menyeberang ke dataran utama Yunani, B’timers bisa menyewa kapal ferry 2 bulan sebelumnya demi meraih diskon hingga 25%. Budget liburan Anda akan semakin murah dengan menghindari berkunjung ke Santorini pada peak-season mulai awal April hingga akhir September. Tak lupa, cuci pakaian Anda sendiri selama di Santorini karena biaya laundry yang cukup mahal, yakni mencapai 5 hingga 10 Euro sekali cuci. 

Romantisnya Budget Holiday ke Santorini | Breaktime
Salah satu sudut di Santorini yang bisa dinikmati sambil memandang lepas ke Laut Aegea

Tentu saja, liburan Anda ke Santorini belumlah lengkap tanpa mengunjungi Oia, namun usahakan Anda tidak makan di berbagai restoran mewah yang cukup mahal di sana. Cukup berjalan-jalan di antara rumah-rumah putih dan gereja beratap biru di sepanjang gang Desa Oia sambil memandang Laut Aegea di kejauhan. Anda bisa menikmati panorama sunset di Oia sambil menyantap bekal yang dibawa dari tempat menginap atau membeli seporsi besar Souvlaki di kios pinggir jalan dengan harga sekitar 2 Euro saja. Makan tradisional yang lezat dan mengenyangkan tersebut merupakan potongan daging panggang mirip sate yang biasa disajikan dengan roti pita, aneka sayuran, tsaziki, tomat, kentang goreng, dan bubuk cabe. Selain Oia, B’timers juga tak boleh lupa berkunjung ke Red Beach yang merupakan bukit vulkanik kemerahan dengan pasir hitam di tepi tenggara pulau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Korea Jadi Solusi Liburan Murah Ke Luar Negeri

Budget holiday ke area touristy seperti Santorini bisa disiasati dengan banyaknya pemandangan alam kaldera dan Laut Aegea serta eksotisme budaya lokal yang bisa Anda nikmati dengan gratis. Setelah menyusuri jalanan di sepanjang pulau lalu bersantai di tepi pantai, Anda juga bisa mengunjungi kawasan wisata lain yang cukup terjangkau seperti Museum Prasejarah Thira dan melihat proses pembuatan wine di berbagai industri setempat. Kini masihkah B’timers ragu untuk merencanakan liburan hemat ke Santorini? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE