Rencanakan Liburan Akhir Tahun Tanpa Bikin Bokek | Breaktime
Rencanakan Liburan Akhir Tahun Tanpa Bikin Bokek
01.09.2017

Mendekati akhir tahun, tentu Anda dan pasangan sudah tak sabar untuk membuat rencana liburan. Setelah sepanjang tahun Anda bekerja keras dan disibukkan dengan jadwal kerja yang padat, tak ada salahnya Anda memanjakan diri dengan year end holiday dengan hasil jerih payah Anda selama ini. Harapannya, setelah menikmati liburan panjang di akhir tahun, Anda dan pasangan kembali bersemangat menjalani rutinitas sepanjang tahun berikutnya. Lalu bagaimana jika liburan malah diakhiri dengan kesulitan finansial akibat overspending? Lakukan berbagai tips budget holiday berikut ini agar Anda tak lagi mengulangi insiden tiap akhir tahun yang selalu menyisakan hutang pasca liburan.

Salah satu financial mistake yang paling sering timbul saat berlibur akhir tahun ialah menghabiskan seluruh uang tabungan saat di lokasi liburan. Akibatnya, Anda pun pulang kembali ke kota asal tanpa menyisakan uang sepeser pun untuk ditabung apalagi dijadikan investasi. Anda bisa membuat rekening khusus untuk biaya liburan atau membuat daftar rinci mengenai rencana pengeluaran selama berlibur. Selain itu, selalu sisihkan 20% dari anggaran liburan Anda untuk biaya darurat, misalnya apabila Anda terpaksa masuk rumah sakit atau harus membeli suatu barang yang bersifat darurat. Uniknya, jika anggaran 20% tadi tidak digunakan selama liburan, Anda bisa lho menabungnya kembali untuk liburan yang akan datang atau memutarnya kembali dalam bentuk investasi.

Agar pengeluaran tak membengkak selama liburan, rencanakan dengan cermat perjalanan wisata yang nantinya akan Anda dan pasangan lakukan di akhir tahun. Tak hanya wisata domestik, Anda juga bisa menikmati liburan ke luar negeri apabila anggaran Anda mencukupi dan Anda telah menabung sedemikian rupa tiap bulannya. Misalkan anggaran liburan akhir tahun ke luar negeri yang Anda butuhkan minimal 3 juta Rupiah, Anda perlu menyisihkan gaji Anda sebanyak 250 ribu Rupiah setiap bulannya. Anda bisa menabung dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari yang dianggarkan untuk berjaga-jaga terjadinya inflasi di negara tujuan atau kenaikan harga akomodasi menjelang keberangkatan. 

Rencanakan Liburan Akhir Tahun Tanpa Bikin Bokek | Breaktime
Sisihkan sekian persen dari gaji bulanan untuk anggaran berlibur akhir tahun

Agar makin mudah menabung, Anda juga harus memiliki prioritas dalam pengeluaran bulanan. Apabila Anda terbiasa berbelanja secara impulsif, tahan diri untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Tips menarik untuk menahan mata Anda agar tidak jelalatan saat melakukan monthly shopping ialah membuat daftar belanjaan khusus dan langsung menuju tempat dijualnya barang tersebut. Apabila Anda perlu membeli baju baru atau mencari pengganti sepatu Anda yang telah usang, Anda bisa melakukan online shopping agar belanja Anda lebih terarah dan Anda tidak tertarik membeli barang lain secara dadakan yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksotisme Liburan Island-Hopping di Yunani

Hal penting yang harus Anda cermati saat liburan akhir tahun ke luar negeri ialah biaya perjalanan dari Indonesia yang sangat mahal. Agar tak terjadi overspending, upayakan agar Anda selalu patuh pada rencana perjalanan yang telah Anda buat sendiri. Selain itu, usahakan agar Anda tak nyasar dan menghabiskan uang berlebih untuk transportasi tambahan yang tak perlu karena tersesat. Anda bisa meminimalisir peluang nyasar dengan cara menginap di tempat penginapan terdekat dengan stasiun atau tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Cara Berburu Tiket Murah Tanpa ke Travel Fair

Apabila rencana perjalanan Anda selama liburan cukup padat dan hanya pulang ke tempat penginapan untuk beristirahat di malam hari, Anda tak perlu menyewa kamar hotel berbintang karena akan buang-buang uang serta fasilitas mewah yang malah tak terpakai. Alih-alih hotel kelas atas, carilah guest house atau hostel murah yang banyak tersebar di sekitar kawasan wisata. Hostel memberikan fasilitas kamar asrama sehingga Anda bisa berbaur dengan sesama travelers dari berbagai negara. Biaya makan di hostel juga bisa dipangkas karena Anda akan memasak makanan Anda sendiri di pantry yang telah disediakan. B’timers pecinta backpacking sejati? Manfaatkan jaringan sesama backpackers di berbagai negara yang biasanya memberi fasilitas menginap murah bahkan gratis bagi sesama travelers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Agar Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat!

Semoga dengan perencanaan yang matang dan anggaran liburan yang lebih dari cukup, Anda bisa menikmati liburan akhir tahun dengan menyenangkan dan kembali ke rutinitas dengan penuh semangat. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE